Pesona Desa Angseri, Desa BRILiaN dengan Tata Kelola Terbaik

Minggu 28-07-2024,19:44 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

TABANAN, RBTVCAMKOHA.COM - Bicara soal keindahan alam di Bali, tentu tak ada habisnya untuk dieksplorasi. Tidak semuanya selalu tentang pantai, namun ada sebuah desa yang dinobatkan sebagai Desa BRILiaN dengan tata kelola terbaik.

Salah satu desa yang patut dikunjungi adalah Desa Angseri di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Jaraknya hanya 1,5 jam dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

BACA JUGA:Ini Dia Sosok Jerome Kerviel, Orang Termiskin di Dunia, Awalnya Seorang Pengusaha

Saat memasuki gerbang desa, mata langsung dimanjakan dengan tatanan rumah khas warga Bali yang indah.

Berada di area ketinggian 640 mdpl, sejuknya udara desa peraih Desa BRILiaN 2023 ini memang nyaman untuk wisatawan yang mencari ketenangan.


Mengenal Desa Angseri--

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam serba hijau dari pegunungan maupun perkebunan seluas 758 hektare.

BACA JUGA:Apakah Anak yang Sudah Diimunisasi Lengkap Perlu Melakukan Polio Lagi? Begini Kata IDAI

Dari luas wilayah itu, nyaris 50 persen Desa Angseri merupakan lahan pertanian dan perkebunan. Ini sekaligus menjadi daya tarik agrowisata bagi wisatawan yang berkunjung. Namun rasanya tidak cukup jika tengah berada di Desa Angseri tanpa menikmati berendam di pemandian Air Panas Angseri.

Menariknya objek wisata ini punya daya tarik yakni pada air panasnya yang mengandung belerang dan bersumber langsung Gunung Batukaru.

Berbicara soal air, warga Desa Angseri memang memiliki air berlimpah. Sejumlah titik mata air juga ditemukan sekitar desa. Kekayaan air itu kini telah dikelola baik melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Angseri.

BACA JUGA:Viral Pencuri Celana Dalam di Kos Wanita Terekam Kamera CCTV, Kaum Wanita Jadi Resah

Kepala BUMDes Angseri, I Wayan Cekug, menceritakan awal mula wilayahnya berhasil melukan tata kelola air bagi kehidupan masyarakat. Diakuinya, ide itu terwujud berkat adanya kolaborasi pemerintah Desa Angser dengan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas PUPR Tabanan pada 2021.

Jadi, dari program Pamsimas alias Program Penyediaan Air Bersih Berbasis Masyarakat, tata kelola air tersebut dibentuk dan dijalankan.

"Kami di BUMDes kini melanjutkan pengairan air kepada masyarakat desa setelah adanya pembangunan bak penampungan dan pipa induk," ujarnya.


Desa BRILiaN --

Kategori :