Bisa Diamati dari Bentuk Daun, Awas Salah Pilih Benih Kelapa Sawit, Begini Ciri-ciri Benih Unggul

Selasa 30-07-2024,11:58 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : Septi Fitriani

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM  - Bisa diamati dari bentuk daun, awas salah pilih benih kelapa sawit, begini ciri-ciri benih unggul.

Kesadaran petani dalam penggunaan benih unggul hingga saat ini masih kurang, karena masih ada saja masyarakat/petani yang belum benar-benar memahami cara memperoleh kecambah kelapa sawit unggul bersertifikat dari sumber benih resmi. 

BACA JUGA:Ini Alasan Kenapa Sepak Bola Olimpiade hanya untuk Pemain U-23, Simak Sejarahnya!

Disaat tingginya kebutuhan benih kelapa sawit, masyarakat masih harus dihadapkan pada maraknya kasus penyebaran benih ilegal. 

Peredaran kecambah kelapa sawit ilegal saat ini semakin mengkhawatirkan sebab tidak hanya dijual door to door ke rumah-rumah petani, tetapi juga dijual secara online tanpa izin dari sumber benih resmi. Kemajuan era digital membuat masyarakat/petani dengan mudahnya mengakses toko online yang menjual kecambah kelapa sawit ilegal pada platform marketplace. 

Faktanya, sumber benih resmi kelapa sawit di Indonesia tidak pernah menjual benih kelapa sawit unggul miliknya pada platform marketplace. 

Menghadapi hal tersebut, maka penting dilakukan edukasi di masyarakat/petani mengenai aturan dan proses dalam memperoleh benih kelapa sawit unggul bersertifikat sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Penggunaan benih sawit ilegal bisa menghambat produksi kelapa sawit, untuk itu berikut ciri-ciri benih kelapa sawit unggul.

BACA JUGA:Kabar Baik, Harga Sawit di Jambi Terus Meningkat, Ini Ketetapan Harganya hingga 1 Agustus 2024

Kualitas benih memengaruhi hasil panen dikemudian hari. Unggulnya minyak kelapa sawit asal Indonesia yang banyak digemari di berbagai penjuru dunia tidak lepas dari penggunaan benih unggul. Berikut ini akan dispill benih kelapa sawit unggul!

• Bentuk Tunas

Benih kelapa sawit yang unggul memiliki tunas yang mudah dikenali. Tunas kelapa sawit bermutu memiliki mata tunas normal dengan warna putih bersih. 

• Bentuk Daun

Tunas berkembang ke atas membentuk batang dan daun serta tumbuh ke bawah membentuk akar. Saat memilih benih berkualitas, hal lain yang dapat dilihat yaitu daun pada benih kelapa sawit. Daun pada tunas, atau disebut dengan anak daun, berbentuk lebar, tidak menggulung, dan tidak kusut. 

• Tempurung Benih Sawit

Benih kelapa sawit unggul juga memiliki khasnya sendiri. Sebaiknya pilih tempurung yang  berwarna hitam pekat tanpa retakan atau kerusakan lainnya. Tempurung yang retak menandakan isinya dalam kondisi yang tidak baik. Tumbuhnya jamur pada tempurung kelapa membuat benih tidak dapat tumbuh dengan optimal.

BACA JUGA:Daftar 5 Negara di Dunia yang Melarang Penggunaan Hijab, Ada yang 96% Warganya Muslim

• Batang Bawah Benih

Pertumbuhan batang bawah merupakan kelanjutan dari perkembangan benih kelapa sawit. Benih kelapa sawit berkualitas memiliki batang bawah berukuran pendek dan gemuk. Seiring berjalannya waktu, kondisi tanaman kelapa sawit akan tetap kokoh.

• Bentuk Benih

Benih kelapa sawit unggul berbentuk lonjong atau bulat tanpa adanya cekungan maupun kecacatan lainnya. Jadi, jangan dipilih apabila bentuknya tidak sempurna, ya. 

Tidak hanya ciri fisik benih saja yang perlu dipelajari. Ada banyak hal yang perlu kamu tahu dan masih relevan dengan kelapa sawit unggul. Salah satunya tentang maraknya benih sawit ilegal. 

BACA JUGA:Viral, Cerita Mahalini Konser Penonton Mendadak Bubar, hanya Dilihat 3 Orang!

Tidak menutup kemungkinan masih ditemukan benih kelapa sawit ilegal di Indonesia. Penggunaan bibit sawit ilegal bisa menyebabkan kelapa sawit yang dihasilkan bukan kualitas unggulan. Tenang saja, kamu dapat menghindarinya dengan:

- Menghindari benih dari persilangan kelapa sawit jenis tenera dan dura.

- Tidak ada informasi yang jelas tentang induk pohon kelapa sawit.

- Perkecambahan dilakukan secara alami dan tidak sesuai dengan standar.

- Memperoleh benih kelapa sawit unggul dari tempat yang sudah ditunjuk oleh pemerintah dengan bukti SP2B-KS (Surat Persetujuan penyaluran Benih Kelapa Sawit) yang diterbitkan oleh Ditjen Perkebunan atau Dinas Perkebunan di masing-masing wilayah otonomi daerah. Bisa saja membeli benih kelapa sawit unggul dari penangkar bibit legal yang sudah mempunyai TRUP (Tanda Registrasi Usaha Pembenihan) dan sudah disertifikasi UPTD Pembenihan Tanaman Perkebunan. 

Nah itulah pembahasan mengenai cara memilih benih kelapa sawit unggul agar tidak menghambat produksi.

(Novan Alqadri)

 

Kategori :