Prediksi Cuaca 31 Juli dan 1 Agustus 2024, Wilayah Berikut Berpotensi Turun Hujan

Selasa 30-07-2024,13:09 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani menerangkan, berdasarkan pemantauan yang dilakukan BMKG, diketahui bahwa dalam skala global, nilai IOD, SOI, dan Nino 3.4 tidak signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia. 

Madden-Julian Oscillation (MJO) berada pada fase netral tidak berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Sirkulasi siklonik juga terpantau di Samudera pasifik sebelah utara Papua. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar Samudera pasifik sebelah utara Papua.

BACA JUGA:Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol, Segini Modal yang Diperlukan

Daerah konvergensi lainnya terpantau di Perairan barat Sumatra Utara dan Sulawesi bagian tengah. 

Daerah konfluensi terpantau di wilayah Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Terkait kecepatan angin, terpantau terjadi peningkatan hingga lebih dari 25 knot di Laut Andaman, Samudera Hindia barat daya Banten, dan Laut Arafuru, yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut. 

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, NTT, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Menurut Andri, secara umum, kombinasi fenomena-fenomena cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi cuaca signifikan dalam periode 26 Juli - 1 Agustus 2024.

Imbauan BMKG

Meski sejumlah wilayah Indonesia diprediksi diguyur hujan selama sepekan ke depan, di tengah puncak musim kemarau, BMKG tetap mewanti-wanti pemerintah daerah dan masyarakat soal kemungkinan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

BACA JUGA:Ini Alasan Kenapa Sepak Bola Olimpiade hanya untuk Pemain U-23, Simak Sejarahnya!

Utamanya di wilayah langganan karhutla, seperti Pulau Sumatra dan Kalimantan yang memiliki banyak kawasan gambut.

"Kepada masyarakat, kami imbau untuk menggunakan air dengan bijaksana dan hemat . Selain itu, hindari membuka lahan dengan membakar, terutama pada daerah hutan yang bertanah gambut karena mudah terbakar dan sulit dimatikan," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani.

Prediksi Curah Hujan Dasarian Juli III - Agustus II Tahun 2024:

Pada Juli III - Agustus II 2024 umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah - menengah (0-150 mm/dasarian). 

Kategori :