BACA JUGA:Mau Dapat Sneakers Eksklusif? Yuk Nabung di BRImo dari Sekarang, Begini Caranya!
Berikut beberapa faktor yang dapat menentukan harga jual produk
1. Faktor Internal
Bisnis memiliki hambatan yang tentunya berasal dari dalam bisnis itu sendiri. Faktor tersebut dapat berupa biaya produksi, ongkos, gaji, dan tagihan.
Semua biaya yang kamu keluarkan ini menjadi dasar perhitungan harga jual.
BACA JUGA:Simpel, Begini Cara Mutasi Mobil 2024, Siapkan Uang Segini
2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah yang berasal dari luar, misalnya:
- Keadaan ekonomi: keadaan ekonomi suatu negara maupun ekonomi secara global seperti inflasi dan resesi dapat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, sehingga kamu juga perlu mepertimbangkan faktor ini sebelum menentuka harga jual
- Permintaan dan penawaran: adanya ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran di pasaran, akan berpengaruh kepada harga jual barang. Permintaan yang tinggi dengan jumlah suplai yang sedikit, akan membuat harga naik.
Sebaliknya, ketika permintaan pasar terhadap suatu barang rendah, namun ketersediaan barang melimpah, maka harga jual akan turun.
BACA JUGA:Begini Cara Buka Rekening BCA Melalui M-Banking dan Minimal Setoran Awal yang Diperlukan
3. Citra Produk atau Penyedia Jasa
Persepsi masyarakat terhadap sebuah brand atau penyedia jasa, akan menciptakan segmentasi harga yang beragam meski untuk satu produk yang sama.
4. Pengawasan Pemerintah
Campur tangan pemerintah dalam mengontrol harga di pasaran, dapat berpengaruh pada harga jual suatu produk atau jasa.