ATM BRI Resmi Berganti Jadi ATM Link, Pahami Bedanya dengan ATM Lainnya

Kamis 01-08-2024,21:32 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Lalu sebenarnya, apa perbedaan dari jenis-jenis ATM tersebut?

Perbedaan ATM Link, ATM Prima dan ATM Bersama

Ketika ingin menggunakan ATM di tempat umum, tentu pengguna akan memastikan bahwa ATM tersebut adalah ATM yang dimiliki oleh bank terkait. Namun, saat ATM yang mewakili bank tersebut tidak tersedia, biasanya nasabah akan menggunakan ATM Link atau bisa juga ATM bersama.

BACA JUGA:Syarat Perpanjangan STNK Terbaru, Kendaraan Wajib Lulus Uji Emisi?

Agar tidak salah dalam menggunakan, ketahui lebih detail perbedaan kebijakan antara jenis-jenis mesin ATM tersebut berikut ini:

1. ATM Link

ATM Link merupakan jaringan ATM dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu BNI, BRI, BTN dan Mandiri. Seluruh nasabah Himbara bisa menggunakan ATM Link dengan fitur lengkap yang memiliki lebih dari 53 ribu unit yang sudah tersebar di Indonesia.

ATM Link ditandai dengan logo Link dan dilengkapi dengan logo masing-masing bank pemilik mesin ATM Link tersebut yang tergabung ke dalam Himbara (BRI, BNI, BTN atau Mandiri) di bagian bawah mesin.

Dengan peresmian wajah baru pada Selasa (26/9/2023), nasabah bank himbara dapat mengakses seluruh layanan bank Himbara pada ATM Link. Semisal nasabah BNI yang ingin mengisi TapCash, akan bisa mengisinya lewat ATM Link. Contoh lain, nasabah Bank Mandiri bisa mengakses Livin' melalui ATM Link.

Sistem manajemen ATM Merah Putih menggunakan sistem shared service. Nasabah bank Himbara melalui ATM Link dapat menggunakan fitur asli dari setiap bank (dengan tarif nol rupiah untuk cek saldo dan penarikan tunai, serta tarif Rp 4.000 untuk transfer).

BACA JUGA:Rugikan Negara Rp 510 M, Begini Fakta Penyimpangan Korupsi di Tol MBZ

2. ATM Prima

ATM Prima merupakan jaringan ATM yang memberikan kemudahan untuk nasabah mitra bank Prima ATM agar bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai, cek saldo dan transfer uang antar bank di seluruh mesin ATM dengan logo ATM Prima.

ATM Prima menawarkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di ATM seluruh Indonesia dengan fitur transfer antar bank yang bisa diproses secara real time online selama 24 jam non-stop.

ATM ini sudah terhubung dengan 77 bank di Indonesia dan memiliki lebih dari 120 ribu jaringan ATM yang terkoneksi dengan Mobile Banking, Internet Banking serta channel digital lainnya.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG Bencana Hidrometeorologi Bagi 16 Provinsi dan 34 Kabupaten di Indonesia

Kategori :