Ini Dampak La Nina Pada Tanaman Kopi, Diprediksi Terjadi Mulai Agustus 2024

Kamis 01-08-2024,21:42 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini dampak La Nina pada tanaman kopi, diprediksi terjadi mulai agustus 2024. 

Setelah fenomena El Nino yang terjadi pada tahun lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa fenomena La Nina akan terjadi pada tahun 2024. 

La Nina diperkirakan akan menyebabkan peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, yang dapat berdampak pada meningkatnya risiko banjir di banyak daerah.

BACA JUGA:Peringatan BMKG Potensi Bencana Hingga 3 Agustus 2024, Ini Kabupaten yang Harus Siaga

Menurut BMKG dan beberapa lembaga iklim dunia, fenomena La Nina di Indonesia diperkirakan akan dimulai pada Agustus 2024.

Meskipun demikian, intensitas La Nina kali ini diprediksi akan berada pada level yang lemah. BMKG menyatakan bahwa peluang terjadinya La Nina mencapai sekitar 80 persen.

Fenomena ini diperkirakan tidak akan sekuat yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, namun tetap memerlukan perhatian khusus.

BACA JUGA:Ini 10 Penyebab dan 9 Cara Atasi Smartphone Overheat

Dampak La Nina Pada Tanaman Kopi

Dampak dari La Nina ini cukup signifikan terhadap sektor pertanian, terutama tanaman kopi. Dwi Andreas, seorang pengamat pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), menyatakan bahwa La Nina akan berdampak pada perpanjangan musim hujan tahun ini. 

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko serangan hama dan penyakit pada tanaman pertanian seperti padi dan tanaman lainnya. Selain itu, La Nina juga memiliki potensi untuk menurunkan produksi kopi. 

BACA JUGA:ATM BRI Resmi Berganti Jadi ATM Link, Pahami Bedanya dengan ATM Lainnya

Menurut Andreas, pada bulan September, tanaman kopi sedang berada pada fase berbunga, sehingga peningkatan curah hujan yang signifikan dapat menyebabkan gagal panen.

Andreas juga mengungkapkan bahwa dampak La Nina pada produksi padi bisa sangat merugikan jika terjadi pada saat musim tanam. Penanaman padi yang dilakukan pada saat curah hujan tinggi berpotensi mengalami banjir, yang dapat merusak tanaman dan mengakibatkan gagal panen. 

BACA JUGA:5 Instansi yang Sepi Peminat CPNS 2024, Ini syarat dan Cara Daftar CPNS 2024 Terbaru

Kategori :