Hadir dengan Batre Jumbo, Ini Bocoran Spesifikasi Nokia Edge Max 2024

Jumat 02-08-2024,10:15 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Nokia memiliki beberapa seri ponsel seperti XpressMusic, N-Series, dan E-Series. Sekitar tahun 2000-an, ponsel Nokia yang menggunakan sistem operasi Symbian sangat disukai oleh masyarakat. Namun, Nokia akhirnya kalah saing dengan ponsel dengan sistem Android dan iOS.

Nokia didirikan pada tahun 1865 oleh seseorang berkebangsaan Finlandia dan Swedia bernama Fredrik Idestam. Awalnya, Nokia merupakan perusahaan yang memproduksi bubur kertas di dekat Tampere, Finlandia. Nama “Nokia” berasal dari Kota Nokia dan Sungai Nokianvirta.

Di tahun 1868, Idestam mendirikan pabrik kedua di dekat Kota Nokia, di tepi Sungai Nokianvirta. Kota Nokia berjarak sekitar 15 kilometer dari Tampere. Sekitar tiga tahun setelahnya, Idestam dan Leo Mechelin mengubah perusahaan tersebut menjadi perseroan terbatas publik yang diberi nama Nokia Ab.

BACA JUGA:Tapal Batas Diduga Jadi Penyebab, 2 Petani Kopi di Seluma Kritis Akibat Tebasan Parang

Pada 1896, Idestam memutuskan untuk pensiun dan Mechelin yang menjadi ketua perusahaan. Selama masa kepemimpinannya, Mechelin memperluas bisnis dalam bidang ketenagalistrikan. Di tahun 1902, Nokia memulai pembangkitan listrik.

Setelah meletusnya Perang Dunia I, Nokia hampir bangkrut dan diakuisisi oleh Pabrik Karet Finlandia. Pabrik Karet Finlandia juga mengakuisisi uomen Kaapelitehdas Oy (Pekerjaan Kabel Finlandia). Perusahaan tersebut memproduksi kabel listrik, telepon, dan telegraf.

Nokia Corporation dibentuk pada tahun 1967, dengan menggabungkan beberapa perusahaan. Pada tahun 1979, Nokia dan Salora membuat perusahaan bersama, "Mobira Oy”.
Mobira Oy mengembangkan telepon seluler untuk jaringan Telepon Seluler Nordik (NMT), yaitu 1G. 1G adalah sistem telepon seluler otomatis pertama di dunia.

Telepon seluler otomatis untuk pertama kali dikomersialkan pada tahun 1981. Setahun setelahnya, Mobira merilis telepon mobil pertama mereka. Pada 1989, Nokia Mobile Phones lahir.

Jadi, negara asal handphone Nokia adalah Finlandia. Sejarah singkat tentang merek ponsel ini bisa dibaca untuk menambah wawasan.

Demikianlah ulasan mengenai, hadir dengan inovasi terbaru batre jumbo, ini spesifikasi unggulan Nokia Edge max 2024.

Putri Nurhidayati

Kategori :