BMKG Keluarkan Peringatan Dini 3-4 Agustus 2024, Ini Wilayah yang Diprediksi Alami Cuaca Esktrem

Sabtu 03-08-2024,08:37 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

- Riau

- Sulawesi Tenggara

- Sumatera Barat

- Sumatera Utara

BACA JUGA:Cuaca Hujan dengan Intensitas Tinggi, BMKG Prediksi Beberapa Daerah yang Berpotensi Banjir di Bulan Agustus

Berikut 5 tips untuk mengantisipasi bencana yang bisa Anda ikuti.

1. Mengetahui kondisi topografis daerah tempat tinggal

Demi mengetahui bagaimana cuaca bisa berdampak pada kemungkinan bencana alam yang terjadi di lingkungan tempat tinggal Anda, maka Anda perlu mengetahui kondisi topografis. Topografi sendiri adalah istilah yang berkaitan pada ketinggian, kemiringan, dan kontur suatu lahan, apakah lahan tersebut dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, atau gunung. Dengan mengetahui kondisi topografis daerah Anda, maka Anda bisa mengantisipasi kemungkinan bencana yang akan terjadi. Misalnya, apabila Anda tinggal di pegunungan, maka besar kemungkinan terjadi bencana longsor saat ada hujan lebat. 

BACA JUGA:LA Nina Mulai Datang, BMKG Sebut Wilayah Ini Sering Diguyur Hujan

2. Menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah

Mungkin terdengar sepele, tetapi menjaga sanitasi dan kebersihan lingkungan di sekitar rumah sangatlah penting untuk menghindari pencemaran lingkungan. Supaya Anda tidak mengalami pencemaran udara atau air, pastikan untuk selalu membersihkan pekarangan rumah Anda. Jangan membuang atau membiarkan sampah bertumpuk di selokan depan rumah Anda. Kosongkan tempat sampah setiap hari dan jagalah kebersihan saluran pembuangan rumah Anda.

3. Menyimpan barang berharga dan surat penting di tempat yang aman

Bencana alam selalu tidak terduga sehingga tidak memberi kita waktu sejenak pun untuk bersiap-siap. Karenanya, Anda jangan menunda-nunda lagi sampai Anda menyesal. Segeralah amankan barang berharga dan surat penting Anda di tempat-tempat yang tidak akan hanyut jika terkena banjir, tidak rusak jika terkena longsor, dan tidak terbakar jika terjadi kebakaran. Anda dapat menggunakan brankas atau menyewa deposit box di bank untuk menyimpan barang berharga dan surat penting tersebut.

BACA JUGA:Peringatan BMKG Potensi Bencana Hingga 3 Agustus 2024, Ini Kabupaten yang Harus Siaga

4. Pahami cara penyelamatan dan proses evakuasi saat bencana terjadi

Bersikap tenang, tahu apa yang harus dilakukan, serta tidak panik saat bencana terjadi akan menyelamatkan diri Anda dan orang lain. Ada banyak pelatihan bencana atau informasi antisipasi jika terjadi bencana yang bisa Anda pelajari. Misalnya, jika terjadi gempa bumi maka Anda harus pergi ke tempat yang lapang atau berlindung di bawah meja. Apabila daerah Anda langganan banjir, maka Anda bisa juga antisipasi dengan menyiapkan perahu karet, sehingga saat banjir terjadi, Anda dapat menyelamatkan diri dan keluarga Anda.

Kategori :