Waspada Kebotakan di Usia Muda, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Senin 05-08-2024,08:32 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Waspada kebotakan di usia muda, ketahui penyebab dan cara mengatasinya.

Kebotakan merupakan kondisi yang ditandai dengan kerontokan rambut parah. Umumnya, kebotakan bisa dialami pada orang lanjut usia karena kadar hormon yang mulai berubah dan menyebabkan rambut menipis

Tak hanya pada lansia, kebotakan pun bisa terjadi pada usia muda. Kondisi yang dinamakan sebagai kebotakan dini ini lebih sering disebabkan oleh faktor keturunan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kebotakan dini bisa dicegah dengan menerapkan beberapa perubahan kecil yang bisa dimulai dari sekarang.

BACA JUGA:Supaya Tidak Berujung Kebotakan, Ini 8 Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Operasi

Penyebab Kebotakan di Usia Muda

Botak usia muda terjadi karena faktor genetik. Kondisi ini banyak dialami oleh laki-laki ketimbang perempuan. Kebotakan di usia muda membuat orang yang mengalami merasa tidak nyaman. Apa saja penyebab botak di usia muda? Inilah beberapa faktor risiko penyebab botak di usia muda:

1. Hormon

Perubahan hormonal dapat menyebabkan rambut rontok. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka akan menyebabkan kebotakan. Perubahan hormonal biasanya terjadi karena kehamilan, persalinan, menopause, atau masalah tiroid. Pada remaja perempuan, perubahan hormonal terjadi karena sindrom ovarium polikistik. Kondisi ini menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, kerontokan rambut, dan berat badan berlebih. Pada remaja pria, terjadi karena hormon dihydrotestosterone mengikat testosterone di folikel rambut yang menyebabkan kebotakan.

BACA JUGA:Punya Masalah Kebotakan? Simak Manfaat Air Kelapa untuk Atasi Masalah Kebotakan, Coba 3 Cara Ini

2. Obat

Rambut rontok dapat terjadi karena efek samping dari obat yang dikonsumsi. Kandungan obat yang memicu rambut rontok terdapat pada obat kanker, arthritis, gangguan depresi, jantung, darah tinggi, dan asam urat.

3. Terapi Radiasi atau Kemoterapi

Terapi radiasi kepala dapat menyebabkan kerontokan rambut. Contohnya, terapi radiasi untuk kanker otak dan terapi radiasi lain yang dilakukan di kepala.

4. Kekurangan Nutrisi

Kurangnya mengonsumsi nutrisi juga menyebabkan kebotakan. Nutrisi yang terpenuhi dengan baik akan membantu pertumbuhan dan kekuatan rambut. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan nutrisi, maka rambut tidak akan ternutrisi dengan baik. Nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut salah satunya adalah zat besi, protein, dan vitamin D.

Kategori :