Waspada! Ternyata Google Pantau Anda 24 Jam, Begini Cara Memblokirnya

Kamis 08-08-2024,22:51 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Untuk menghapus riwayat di Safari, buka menu dan pilih “Clear History.” Pilih rentang waktu yang datanya ingin Anda hapus dan klik “Clear History.”

Perlu diingat bahwa saat menghapus riwayat di Safari, Anda tidak dapat memilih untuk menghapus jenis data tertentu secara terpisah, jadi cookie dan file cache juga akan ikut terhapus.

BACA JUGA:Viral Ditiktok, Ini Link Ujian Kepekaan Google dan Cara Mainnya

4. Microsoft Edge  

Pengguna Windows 11 dapat menghapus riwayat dengan menekan ikon tiga titik di sebelah kanan. Pilih “Settings” dari menu yang muncul. Pada menu “Privacy,” temukan “Clear browsing data” dan klik “Choose what to clear.” 

Tentukan pilihan dari daftar yang mencakup riwayat penjelajahan, data cache, dan lainnya. Klik “Clear Now” untuk menyelesaikan proses.

BACA JUGA:Mau Tahu Seberapa Peka Kamu? Ini Link Ujian Kepekaan Google Form, Gratis

5. Opera  

Untuk Opera, klik ikon “Settings” di bagian kanan bar alamat. Pada menu yang muncul, gulir ke bawah dan temukan “Privacy & Security” di samping “Browsing data,” lalu klik “Clear.” 

Anda dapat memilih jenis data yang ingin dihapus serta menentukan jangka waktu. Setelah semua opsi diatur, klik “Clear Data.”

BACA JUGA:Tertarik Bergabung di Perusahaan Google? Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Google

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk melindungi privasi Anda dan mengurangi jejak digital Anda di internet. 

Meskipun mematikan pemantauan Google dapat mengurangi relevansi iklan dan rekomendasi yang Anda terima, ini adalah langkah penting dalam mengelola privasi Anda. 

Selain itu, menghapus riwayat penjelajahan secara rutin juga membantu menjaga data pribadi Anda tetap aman.

Selalu ingat bahwa menjaga privasi online adalah tanggung jawab pribadi, dan mengetahui cara mengelola data Anda adalah bagian penting dari upaya tersebut.

BACA JUGA:Terungkap, Fitur AI Favorit Konsumen di Galaxy S24 Series, Circle to Search with Google jadi Juaranya

Kategori :