Detik-detik Rajiah Sallsabillah Gagal Raih Medali Perunggu Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Kamis 08-08-2024,08:43 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Detik-detik Rajiah Sallsabillah gagal raih medali perunggu panjat tebing olimpiade-paris-2024.

Atlet panjat tebing Indonesia, Rajiah Sallsabillah, gagal meraih medali di Olimpiade 2024. Rajiah mengaku sedih dengan kegagalan tersebut, namun bertekad untuk berjuang dan menorehkan prestasi di Olimpiade 2028 Los Angles.

BACA JUGA:Ini Daftar Peraih Medali Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024, Terimaksih Atlet Indonesia

Bertanding di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Rabu (07/08/2024) sore WIB, Rajiah bersua wakil Amerika Serikat, Emma Hunt, pada perempat final panjat tebing Olimpiade 2024 nomor speed putri. Hasilnya, atlet asal Tangerang tersebut unggul atas Emma dan lolos ke semifinal.

Rajiah Sallsabillah mampu menorehkan waktu 6,54 detik, sedangkan Emma Hunt yang sempat tergelincir hanya mencatatkan waktu 7,98 detik. Pada semifinal, Rajiah berhadapan dengan Deng Lijuan.

BACA JUGA:Indonesia Gagal Raih Medali Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024, Ini Update Klasemen Medali 7 Agustus

Sayangnya, Rajiah Sallsabillah kalah cepat dari Deng yang sebelumnya mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Desak Made Rita Kusuma, pada perempat final. Rajiah menorehkan waktu 6,41 detik, kalah 0,03 detik dari Lijuan Deng.

Detik-detik Rajiah Sallsabillah Gagal Raih Medali Perunggu Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Dalam pertandingan di Le Bourget Sport Climbing Venue di Paris, Rabu (7/8/2024), Rajiah Sallsabilah sebenarnya lolos ke semifinal. Namun, dalam babak empat besar ini dia ditaklukkan wakil Tiongkok Deng Li Juan. Dia kemudian bertanding lagi dalam laga perebutan perunggu. Namun, di babak ini dia menyerah kepada wakil Polandia Aleksandra Kalucka.

BACA JUGA:Profil Rajiah Sallsabillah, Atlet Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 Gagal Raih Medali Meski Sudah Berjuang

Selisih Rajiah dengan Kalucka cukup jauh. Kalucka merebut perunggu dengan catatan 6,53 detik. Sementara Rajiah menorehkan catatan buruk, yakni 8,24 detik. Catatan ini juga jauh di bawah torehannya di perempat final 6,54 detik dan semifinal 6,41 detik yang merupakan catatan waktu terbaiknya.

Sementara Desak sudah tersisih di perempat final karena dikalahkan Deng Li Juan dari Tiongkok. Atlet asal Bali ini mencatatkan waktu 6,369 detik, berselisih tipis dengan Deng yang menorehkan 6,363 detik.

Medali emas panjang tebing speed putri direbut wakil Polandia Aleksandra Mirosław. Dia menjadi juara setelah menundukkan Deng Li Juan dari Tiongkok dengan catatan waktu 6,10 detik. Sementara Deng hanya menorehkan waktu 6,18 detik.

BACA JUGA:Hasil Akhri Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024, Atlet Indonesia Gagal Sumbang Medali

Catatan waktu Mirosław sekaligus melampaui rekor dunia dan Olimpiade yang dia pegang sebelumnya. Dia sebelumnya menorehkan rekor Olimpiade 6,84 detik dan rekor dunia 6,24 detik.

Kategori :