Perjalanan 'Spiderman' Indonesia Veddriq Leonardo, Rebut Emas Olimpiade Paris 2024 di Cabor Panjat Tebing

Jumat 09-08-2024,09:58 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Perjalanan 'Spiderman' Indonesia Veddriq Leonardo, rebut emas olimpiade-paris-2024 di cabor panjat tebing.

Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas pertama buat Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Berikut profil atlet berusia 27 tahun itu.

Veddriq mengalahkan Wu Peng pada final nomor speed panjat tebing putra di Le Boruget Climbing Venue, Kamis (8/8/2024) sore WIB. Veddriq Leonardo mampu mencatatkan waktu finis 4.75 detik di final.

BACA JUGA:Indonesia Meroket dengan 1 Medali Emas Veddriq Leonardo, Ini Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024

Perjalanan 'Spiderman' Indonesia Veddriq Leonardo

Veddriq mengawali panjat tebing Olimpiade 2024 dari kualifikasi babak penyisihan unggulan, Selasa (6/8/2024). Pada babak itu, dia sama-sama melakukan panjatan jalur A dan B.

Di fase ini, Veddriq berbagi dinding bersama legenda Prancis melawan Bassa Mawem. Dia kemudian bergantian dengan Sam Watson (Amerika Serikat) dan Amir Maimuratov (Kazakhstan) memecahkan rekor Olimpiade.

BACA JUGA:Kilas Balik, Rekor Dunia Panjat Tebing dan Perjuangan Lolos Olimpiade 2024 Hingga Berhasil Raih Medali Emas

Sosok kelahiran Pontianak itu lalu menyamai rekor dunia milik Sam Watson saat menjalani percobaan kedua di jalur A dengan waktu 4,79 detik. Catatan tersebut sekaligus menjadikan Veddriq unggulan pertama pada penyisihan eliminasi.

Pada babak penyisihan eliminasi Olimpiade 2024, Veddriq bertemu rekan senegara Rahmad Adi Mulyono yang berada di dasar unggulan karena melakukan false start. Dia tanpa kesulitan meraih kemenangan. Sementara itu, Sam Watson kembali memperbarui rekor dunia lewat torehan 4,75 detik.

BACA JUGA:Sumbang Medali Emas di Cabor Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024, Veddriq Sempat Cetak Rekor Dunia

Rebut Emas Olimpiade Paris 2024 di Cabor Panjat Tebing

Kompetisi berlanjut ke babak gugur, Kamis (8/8/2024). Veddriq kembali bertemu Bassa Mawem, tapi kali ini harus ada pemenang. Dia mencatatkan start mulus dengan torehan waktu 4,88 detik, mengunggulli torehan 5,26 detik milik Mawem.

Veddriq lalu bersua wakil Iran Reza Alipour yang sebelumnnya menaklukkan pemanjat tebing Kazakhstan. Atlet Indonesia melanjutkan performa impresifnya dengan mencatatkan waktu 4,78 detik, unggul lumayan tipis dari lawannya yang menyelesaikan panjatan dengan 4,84 detik.

Di final, Veddriq bersua wakil China Wu Peng yang menyisihkan Sam Watson pada semifinal. Veddriq berhasil mencatatkan waktu 4,75 detik, unggul 0,02 detik atas Wu Peng untumempersembahkan medali emas pertama buat Indonesia di Paris 2024.

Kategori :