Begini Komentar Veddriq Leonardo, Usai Raih Medali Emas Cabor Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Jumat 09-08-2024,10:10 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Begini komentar Veddriq Leonardo, usai raih medali emas cabor panjat tebing olimpiade-paris-2024.

Veddriq Leonardo berhasil menyabet medali emas sebagai speed putra pada Kamis (8/8/2024).

Nomor speed memang terhitung baru masuk di olimpiade. Ini karena panjat tebing nomor speed putra dan putri baru dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya hanya nomor boulder yang dipertandingkan di olimpiade.

BACA JUGA:Veddriq Leonardo Raih Medali Emas Indonesia di Olimpiade 2024 Paris, Segini Bonus yang Disiapkan Pemerintah

Veddriq menjalani final melawan atlet China, Wu Peng. Dia melintas di line B saat final. Memanjat 15 meter, Veddriq, mendatatkan waktu 4,75 detik untuk mengalahkan Wu Peng.

Indonesia diwakili empat atlet di panjat tebing Olimpiade 2024, nomor speed. Sebelumnya, Rajiah Sallsabillah kalah di perebutan perunggu, Desak Made Rita Kusuma Dewi terhenti di perempatfinal, dan Rahmad Adi Mulyono gagal lolos ke babak gugur.

Veddriq juga menjadi penyumbang medali kedua bagi Indonesia setelah Gregoria Mariska Tunjung yang mendapat kalungan medali perunggu dari cabor badminton beberapa hari lalu.

BACA JUGA:Perjalanan 'Spiderman' Indonesia Veddriq Leonardo, Rebut Emas Olimpiade Paris 2024 di Cabor Panjat Tebing

Atlet asal Pontianak ini menjadi satu-satunya atlet yang berhasil menyabet emas di ajang olahraga paling bergengsi di dunia ini.

Komentar Veddriq Leonardo Usai Raih Medali Emas Cabor Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Raihan ini menjadi catatan sejarah Indonesia menyabet medali emas dari cabang olahraga di luar bulu tangkis. Selain itu, prestasi ini sekaligus medali pertama sejak nomor speed dipertandingkan perseorangan dalam sejarah olimpiade. Sebelumnya, di Olimpiade Tokyo 2020, pertandingannya digabung lead border dan speed.

BACA JUGA:Indonesia Meroket dengan 1 Medali Emas Veddriq Leonardo, Ini Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024

"Senang sekali, alhamdulillah, terima kasih masyarakat Indonesia. Olahraga ini baru tapi diberi kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas. Bersyukur untuk pencapaian ini dan saya pun bangga atas pencapaian ini," kata Veddriq usai perlombaan, seperti dikutip dari keterangan tim media NOC Indonesia.

"Medali emas ini berkah dan ini juga merupakan kerja keras, usaha, dedikasi semua tim pelatih, atlet, teman keluarga yang telah memberikan doa dan dukungan. Ini juga kado buat Indonesia di ulang tahun ke-79," ujarnya menambahkan.

Perjalanan Veddriq terbilang mulus untuk akhirnya sampai menjadi juara. Seajak elimination seeding sampai ke final, dia belum pernah merasakan kekalahan.

Kategori :