Sumpah Pocong Saka Tatal dan Iptu Rudiana, Begini Prosesinya

Jumat 09-08-2024,21:32 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sumpah pocong Saka Tatal dan Iptu Rudiana, begini prosesinya.

Mantan terpidana kasus pembunuhan vina-cirebon, Saka Tatal menjalani sumpah pocong atas respons dari ayah mendiang Eky, Iptu Rudiana.

Keduanya terlibat dalam kontroversi terkait kasus Vina Cirebon yang belum menemukan titik terang.

Prosesi sumpah pocong ini melibatkan Saka Tatal dan Iptu Rudiana di Padepokan Amparan Jati Cirebon setelah shalat Jumat (9/8/2024). Warga pun membludak di halaman Padepokan Agung Amparan Jati.

BACA JUGA:Kasus Vina Cirebon Viral Setelah Tayangan Film, Berikut 3 Kasus Kriminal yang Terungkap Lewat Program Televisi

Bagaimana Prosesi Sumpah Pocong Saka Tatal?

Prosesi sumpah pocong dimulai dengan pemandian dan dilanjutkan dengan Saka Tatal mengenakan kain kafan yang disaksikan ratusan orang.

"Padepokan kami telah menyiapkan peralatan, seperti kain kafan dan bunga. Setelah datang, Saka Tatal langsung dibungkus kain kafan dan menjalani sumpah,” kata Sanusi, dilansir dari Antara.

Sanusi menambahkan Iptu Rudiana sebelumnya dijadwalkan untuk melakukan ritual serupa. Namun, setelah Saka Tatal menyelesaikan ritualnya, ayah dari korban Eky itu tidak hadir.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Pegi Setiawan Menang Sidang Putusan Praperadilan, Batal Jadi Tersangka Kasus Vina Cirebon

"Saka Tatal sudah bersumpah pocong, kalau dirinya tidak terlibat dalam kasus ini," ucapnya.

Sebelumnya, Saka Tatal bersama kuasa hukumnya telah mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Pengadilan Negeri Cirebon terkait kasus kematian Vina dan Eky pada tahun 2016

Iptu Rudiana Tidak Hadiri Sumpah Pocong

Ayah Eky, Iptu Rudiana tidak hadir dalam pelaksanaan ritual sumpah pocong terkait pembuktian terlibat atau tidak dalam kasus Vina.

Hal itu dikatakan kuasa hukum Saka Tatal, Farhat Abbas saat menemani kliennya melaksanakan sumpah pocong di Cirebon.

Kategori :