Dampak Ngeri Sumpah Pocong, Benarkah Bisa Kena Azab Jika Berbohong?

Jumat 09-08-2024,21:53 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dampak ngeri sumpah-pocong, benarkah bisa kena azab jika berbohong? Berikut informasi menariknya.

Sumpah pocong merupakan salah satu ritual untuk membuktikan suatu tuduhan atau kasus yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bukti sama sekali. Sumpah ini diambil oleh manusia dengan menggunakan pakaian ciri khas pocong yaitu kain kafan.

Sumpah ini tak jarang dipraktikkan dengan tata cara yang berbeda, misalnya pelaku sumpah tidak dipocongi tetapi hanya dikerudungi kain kafan dengan posisi duduk. Sumpah pocong merupakan tradisi lokal yang masih kental menerapkan norma-norma adat.

BACA JUGA:Sumpah Pocong, Ini Efek Bagi Pelaku Sumpah Pocong Menurut Ahli Metafisika

Masyarakat percaya, apabila keterangan atau janjinya tidak benar. Maka si pelaku yang sudah bersumpah akan mendapat hukuman atau laknat dari Tuhan.

Dampak Ngeri Sumpah Pocong, Benarkah Bisa Kena Azab Jika Berbohong?

Tidak hanya prosesinya, hal yang menarik soal sumpah pocong ini adalah kengerian dampaknya. Konon, barang siapa berbohong dalam ritual sumpah pocong itu, maka bakal langsung terkena azab dari apa yang diucapkannya. Misalnya dalam sumpah ia mengatakan mati kalau berbohong, maka hal tersebut akan benar terjadi jika memang dusta. Entah saat itu juga atau beberapa waktu kemudian.

BACA JUGA:Sederet Fakta Sumpah Pocong dan Sejarahnya, Kini Heboh Dilakukan Oleh Saka Tatal

Banyak yang percaya kalau sumpah pocong ini sangatlah besar risikonya. Makanya, hanya orang-orang yang benar-benar berani saja yang mau melakukannya. Soal kekuatan kutukan dari sumpah pocong, hal tersebut mungkin karena sumpah ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat, tapi juga Tuhan. Bersumpah atas nama Tuhan memang sangat berat risikonya, dan sungguh bisa celaka bagi mereka yang berdusta dengan itu

Sejarah Sumpah Pocong

Dalam sejarah, tidak ada satu pun literatur yang membahas secara khusus sumpah pocong ini. Tapi, menurut orang tua, sumpah ini sudah ada sejak zaman dulu dan jadi semacam ritual kepercayaan. Untuk daerahnya, dipercaya sumpah ini berasal dari kebiasaan orang-orang Jawa.

Sumpah pocong hanya dilakukan oleh orang Muslim. Meskipun begitu, tidak ada aturan di dalam Islam soal sumpah pocong ini. Kalau berbicara alasan kenapa harus pocong, mungkin karena pocong identik dengan kematian. Ini jadi semacam efek psikologis di mana ketika seseorang berbohong maka yang terjadi adalah kematian.

BACA JUGA:Sumpah Pocong Saka Tatal dan Iptu Rudiana, Begini Prosesinya

Pelaksanaan Sumpah Pocong

Ada 3 hal yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan salah satu ritual klenik ini. Pertama adalah kain kafan atau mori, kemudian saksi, dan yang terakhir adalah sumpahnya.

Kategori :