Pengguna Android dan iPhone, Ini 10 Tips Badan Intelijen Supaya Hp Aman dan Tidak Dibajak

Minggu 11-08-2024,20:47 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

 2. Mematikan Bluetooth dan Wi-Fi Saat Tidak Digunakan

NSA merekomendasikan agar pengguna mematikan Bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan. Bluetooth yang aktif dapat menjadi celah keamanan yang dimanfaatkan oleh peretas untuk mengakses data ponsel. 

Demikian pula, Wi-Fi publik sering kali tidak aman dan dapat menjadi titik akses bagi penjahat siber untuk mencuri data Anda. 

Selain itu, NSA menyarankan agar opsi Wi-Fi juga dimatikan ketika tidak sedang digunakan dan agar pengguna menghapus jaringan Wi-Fi yang tidak aktif atau tidak diperlukan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan akses yang tidak sah melalui jaringan yang tidak aman.

BACA JUGA:Waduh! Pemuda Ini Dikeroyok 6 Orang di SPBU Gegara Tegur Seorang Wanita

 3. Menjaga Kontrol Fisik terhadap Perangkat

Pengguna smartphone harus menjaga kontrol fisik terhadap perangkat mereka. Jangan biarkan orang tak dikenal menggunakan ponsel Anda. Keamanan fisik perangkat sangat penting karena jika ponsel jatuh ke tangan yang salah, risiko pencurian data atau akses ke informasi sensitif sangat besar. 

Selalu pastikan ponsel Anda berada di tangan yang aman dan tidak meninggalkannya tanpa pengawasan di tempat umum.

 4. Menginstal Aplikasi dengan Bijak

NSA menyarankan agar pengguna hanya menginstal aplikasi yang benar-benar diperlukan dan digunakan secara rutin. Mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dapat memperkenalkan malware atau perangkat lunak berbahaya ke ponsel Anda. 

Oleh karena itu, hanya unduh aplikasi dari sumber resmi seperti App Store untuk iOS dan Play Store untuk Android. 

Selain itu, pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak lagi digunakan agar tidak membiarkan aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang yang bisa menimbulkan risiko.

BACA JUGA:Daftar 5 HP dengan Kamera Terbaik Versi DXOMark, Banyak Diburu dan Bisa Saingi iPhone

 5. Memperbarui Perangkat Lunak Secara Teratur

Pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup patch keamanan penting yang melindungi perangkat dari kerentanan baru. NSA merekomendasikan agar pengguna segera menginstal setiap pembaruan software untuk ponsel dan aplikasi mereka. 

Pembaruan ini biasanya mengatasi celah keamanan yang ditemukan sejak rilis sebelumnya dan membantu menjaga perangkat Anda tetap aman dari serangan siber. 

Kategori :