Kinerja Ponsel Lambat? Ini 3 Penyebab Memori HP Cepat Penuh

Senin 12-08-2024,10:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Wadah yang dimaksud bisa jadi Google Drive atau PC/laptop yang kamu punya. Jaka paling sarankan untuk backup ke Google Drive karena artinya kamu tidak perlu repot-repot melakukan hal yang sama jika nanti memori PC/laptop kamu penuh.

Namun, menyimpan di Google Drive juga punya kekurangan. Dengan memindahkan hp ke Drive yang notabene adalah cloud storage, itu berarti kamu akan menggunakan kuota internet.

Meski begitu, menyimpan di Google Drive sangat penting manfaatnya. Selain membuat hp kamu jadi lebih lega, kamu bisa mengakses data yang kamu backup di mana saja dan kapan saja.

BACA JUGA:Sejarah dan Waktu Pertama kali Lagu Indonesia Raya Diperdengarkan, Ternyata Ini Maknanya!

8. Matikan auto-download media di WA

Sama seperti fitur auto update di Google Play Store, fitur di WA ini membuat kamu otomatis download media yang dikirimkan di WA.

Satu-satunya jalan adalah dengan mematikan fitur download otomatis tersebut. Memang agak merepotkan untuk download satu per satu media yang dikirimkan. Namun, positifnya kamu bisa memilih konten mana yang penting dan tidak.

9. Hapus data YouTube

Selain WA, YouTube juga bisa menjadi sumber masalah memori hp yang cepat penuh. YouTube memang menyediakan fitur offline untuk menghemat kuota streaming. Akan tetapi, fitur ini justru membuat masalah baru karena menambah file berukuran besar di hp.

Masalah ini akan sangat menyebalkan jika video offline YouTube yang kamu simpan berkualitas HD 1080p.
Maka dari itu, kamu juga harus rajin mengecek video mana yang kamu anggap tidak penting lagi, lalu menghapusnya. Berikut cara menghapus data video offline di YouTube:
- Buka APK YouTube.
- Buka menu Profil.
- Buka Setelan > Unduhan > Hapus Unduhan.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG 12-13 Agustus 2024, Ini Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat, Waspada!

10. Lebih baik streaming

Cara mengatasi memori hp penuh selanjutnya adalah dengan memprioritaskan kebutuhan. Jika kamu sedang punya masalah pada memori hp yang penuh, artinya akan lebih bijak jika kamu streaming video atau musik ketimbang mengunduhnya.

Dengan cara ini, kuota internet kamu memang lebih cepat habis. Namun, ingat, prioritasmu saat ini adalah mengurangi memori pada hp. Jadi, tentu streaming adalah solusi terbaik ketimbang mengunduh konten.

Demikianlah ulasan mengenai, 3 penyebab memori hp cepat penuh dan simak 10 cara mengatasinya.

Putri Nurhidayati

Kategori :