Ternyata Ini Penyebab HP Cepat Panas, Begini Cara Mengatasinya!

Senin 12-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Baterai rusak bisa membuat hp cepat panas. Penyebab baterai rusak bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah penggunaan charger palsu.

BACA JUGA:Kinerja Ponsel Lambat? Ini 3 Penyebab Memori HP Cepat Penuh

Pasokan daya dari charger palsu tidak sesuai dengan kebutuhan hp. Ini yang bisa merusak baterai dan komponen pengecasan.

Daya listrik yang tidak sesuai di baterai membuat kinerja baterai menurun. Kerusakan pada komponen charging membuat hp cepat panas. Hindari penggunaan charger palsu. Kalau mau beli charger merk lain, sesuaikan daya dengan kebutuhan hp Anda.

8. Streaming Berjam-Jam

Penyebab hp panas selanjutnya adalah menonton film streaming berjam-jam. Nonton film di YouTube, Netflix, atau Viu dapat menguras baterai lebih cepat.

Menonton streaming membuat layar, speaker, dan modem bekerja terus menerus. Jika layar tetap aktif dalam jangka waktu lama membuat hp cepat panas, terutama di bagian depan.

BACA JUGA:Spesifikasi Laptop Pongo Monster X yang Baru Diluncurkan, Laptop Sultan Performa Mumpuni

9. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Menyeting kecerahan layar terlalu tinggi membuat hp cepat panas. Menaikkan kecerahan layar hp sampai maksimal akan memaksa baterai bekerja lebih keras.

Selain membuat baterai cepat habis, bagian layar juga lebih cepat panas. Menyeting layar terlalu cerah juga membuat mata cepat silau. Tentunya tidak nyaman karena membuat mata cepat lelah.

10. Hp Anda Sedang Update Sistem Operasi

Hp cenderung menghasilkan panas berlebih saat menjalankan update sistem operasi. Hal ini juga kerap terjadi saat update aplikasi. Hal ini disebabkan karena hp menggunakan koneksi internet untuk download file update yang besar. 

BACA JUGA:Cari Laptop Gaming Budged Ngepas, Ini Rekomendasi Laptop Gaming Murah Terbaik 2024

Perbaikan bug dari sistem operasi dan aplikasi juga membutuhkan daya lebih banyak. Setelah proses update selesai biasanya hp Anda akan mulai dingin.

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas

Kategori :