Informasi Jadwal Terbaru CPNS dan PPPK di Buka, Ini Link Pendaftarannya

Senin 12-08-2024,12:21 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : ahmad afandi

"Contohnya, kementerian/lembaga pusat itu mendapatkan kuota fresh graduate sekitar 200.000 lebih, tapi sampai hingga awal Juli, finalnya kementerian/lembaga yang mengusulkan belum sampai 200.000 formasi," kata Averrouce. 

BACA JUGA:Syarat Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Beserta Jadwalnya, Cek Aturan Terbarunya!

Pemerintah akan berusaha mempercepat proses tersebut agar waktu pendaftaran CASN lanjutan segera dilaksanakan. 

Menteri PANRB pun telah memberikan persetujuan prinsip formasi ASN 2024 dan menyerahkannya kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah. 

Total formasi yang disetujui itu sekitar 1,2 juta formasi, tetapi masih dapat disesuaikan, mengingat kebutuhan ASN secara nasional akan terus dioptimalkan. 

"Pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan formasi tersebut. Namun demikian, penetapan formasi secara bertahap akan segera diterbitkan agar proses seleksi dapat sesegera mungkin dilaksanakan," kata dia. 

BACA JUGA:Dibuka Dalam Waktu Dekat, Inilah Syarat Terbaru Pendaftaran CPNS 2024 yang Perlu Dipersiapkan

Tahun ini, pemerintah berniat membuka lowongan 1.289.824 CASN yang terdiri dari 427.650 formasi instansi pusat dan 862.174 formasi instansi daerah. 

Pendaftaran CPNS 2024 akan dilakukan secara online melalui portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi CPNS bisa mengakses laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di https://sscasn.bkn.go.id.

Namun sebelum memulai proses pendaftaran, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar proses berjalan lebih mudah.

- Pertama, Anda perlu menyiapkan dokumen pribadi seperti KTP, KK, ijazah, transkrip nilai, dan pas foto terbaru. Semua dokumen ini harus di-scan dalam format PDF atau JPG dengan ukuran file yang tidak melebihi ketentuan.

- Pastikan memiliki alamat email yang aktif dan sering diakses. Email ini akan digunakan untuk pendaftaran akun dan menerima berbagai informasi penting selama proses seleksi.

- Koneksi internet yang stabil juga penting, karena seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online. Jadi, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk menghindari kendala teknis selama proses pendaftaran.

BACA JUGA:Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS 2024, Infonya Dibuka 18 Agustus, Ini Penjelasan BKN

Cara Membuat Akun SSCASN

Kategori :