Dibuka Sebentar Lagi, Berikut Rincian Formasi CPNS dan PPPK di Sejumlah Kementerian

Kamis 15-08-2024,09:26 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Dibuka sebentar lagi, berikut rincian formasi CPNS dan PPPK di sejumlah kementerian.

Menjelang pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, pemerintah melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu termasuk merincikan jumlah formasi yang dibutuhkan untuk rekrutmen Agustus kali ini.

Di bulan Agustus 2024 ini, pemerintah memastikan akan membuka seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) baik calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

BACA JUGA:Kenapa Link Sscasn.Bkn.Go.Id Belum Bisa Dibuka? Ini Penyebabnya, Padahal Pendaftaran Dimulai 20 Agustus

Sebagai bentuk persiapan sebelum pendaftaran dimulai, penting simak rincian formasi CPNS dan PPPK 2024 serta cara buat akun pendaftaran seleksi CPNS 2024 di website Sscasn.bkn.go.id.

Rincian Formasi CPNS dan PPPK di Sejumlah Kementerian

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah akan membuka seleksi CASN sebanyak 600.000 bulan Agustus ini. 

Dari kuota tersebut, sebanyak 60.000 CASN bakal ditempatkan di Ibu Kota Nusantara. 60.000 orang yang bakal ditempatkan ini adalah talenta-talenta digital.

"Kami di bulan Agustus akan membuka lowongan, membuka pengumuman CASN dari total 600.000, ada 60.000 formasi untuk IKN dengan seleksi amat sangat ketat dengan talenta digital multitasking," kata Azwar Anas dalam keterangannya di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

BACA JUGA:Pemilik Mobil Ini Diamankan Polisi Gegara Lampu Mobil

Anas menyampaikan, pihaknya juga memberikan jalur khusus atau jalur afirmasi untuk talenta lokal Kalimantan.

Dengan jalur afirmasi, putra-putri Kalimantan tidak perlu bersaing dengan keseluruhan peserta yang mendaftar. Hal ini kata Anas, berdasarkan saran dari Presiden Joko Widodo. 

"Sehingga dengan demikian nanti akan ada afirmasi 5 persen putra-putri terbaik Kalimantan nanti akan bisa masuk ke IKN," ucapnya.

Di sisi lain, pihaknya juga membuka pendaftaran bagi ASN di sekitar untuk pindah ke IKN menyusul banyaknya antusiasme yang diterima. Dia bilang, berdasarkan keputusan rapat terbatas, ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi ASN termasuk kemampuan digital. 

BACA JUGA:Dibanderol Rp 1 Jutaan, Ternyata Xiomi Redmi 13 Punya Kamera 108MP, Cek Spesifikasi Unggulan Lainnya!

Kategori :