Pendaftaran CPNS 2024 Sudah di Depan Mata, Ini Bocoran Materi TIU, TWK dan TKP

Kamis 15-08-2024,10:52 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Merujuk kepada tes CPNS tahun 2019, jumlah butir soal pada TWK adalah sebanyak 30 soal. Adapun sistem penilaian yang digunakan adalah jawaban benar diberi skor 5 (lima). Sementara jawaban salah atau tidak menjawab, tidak mendapatkan skor apapun alias 0 (nol).

BACA JUGA:Geger, Seorang Ibu dan Tiga Anaknya Hilang Secara Misterius Setelah Bertemu Orang Baru

Pengertian TIU

Tes Intelegensia Umum atau TIU adalah tes yang fokus menilai kemampuan peserta tes dalam tiga aspek, yakni kemampuan numerik (logika berhitung), kemampuan figural (penalaran melalui gambar), dan kemampuan verbal (logika berbahasa).

Jika menilik dari tes CPNS tahun 2019, terdapat sebanyak 35 butir soal TIU. Terkait sistem penilaiannya, jawaban pada sesi TIU dinilai dengan metode yang sama dengan TWK. Yakni jawaban benar mendapatkan skor 5 (lima) dan jawaban salah atau tidak menjawab mendapatkan skor 0 (nol).

BACA JUGA:Berhijab dalam Islam Hukumnya Wajib, Tapi 3 Golongan Muslimah Ini Boleh Tak Berhijab

Pengertian TKP

Tes Karakteristik Pribadi atau TKP adalah jenis tes yang menilai perilaku atau kepribadian peserta tes. Pada tes ini, peserta diminta untuk memilih suatu tindakan atas kondisi tertentu. Pilihan jawaban akan menunjukkan bagaimana sikap peserta jika dihadapkan dengan kondisi tersebut.

Pada tes CPNS tahun sebelumnya, soal TKP berjumlah sebanyak 35 butir. Berbeda dengan TWK dan TIU, dalam TKP tidak ada jawaban salah ataupun benar.

Jadi, setiap jawaban akan diberi skor 1-5 tergantung dengan ketepatannya. Sementara jika tidak menjawab akan diberi skor 0 (nol).

BACA JUGA:Hai Ciwi-ciwi, Ini Daftar Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori, Wajah Auto Mulus

Sebagai infromasi, perlu diketahui bahwa jadwal resmi pendaftaran tes CPNS Agustus 2024 sudah diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun jadwal pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka mulai 20 Agustus 2024 hingga 6 September 2024.
Sedangkan pengumuman formasi akan dimulai pada 19 Agustus 2024 hingga 2 September 2024.

"Berkenaan dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 293 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah, bersama ini kami sampaikan jadwal seleksi pengadaan CPNS TA 2024," tulis BKN melalui laman resminya, Rabu (14/8/2024).

Jadwal CPNS 2024 Resmi BKN

1. Pengumuman Seleksi: 19 Agustus s.d 2 September 2024  

Kategori :