Contoh Soal Tes Intelegensi Umum untuk CPNS 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Kamis 15-08-2024,12:15 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 30 contoh soal Tes Intelegensi Umum untuk CPNS 2024 lengkap dengan kunci jawaban.

Dalam pelaksanaan CPNS Agustus 2024 ada sejumlah tes yang bisa menyatakan seseorang tersebut bisa lolos seleksi. Salah satu yang diuji adalah Tes Intelegensi Umum atau ITU.

Tes Intelegensi Umum atau TIU adalah tes yang fokus menilai kemampuan peserta tes dalam tiga aspek, yakni kemampuan numerik (logika berhitung), kemampuan figural (penalaran melalui gambar), dan kemampuan verbal (logika berbahasa).

Mengutip dari buku Tes CPNS 2017 yang ditulis oleh Arvin Mahardika dkk, TIU adalah tes yang menguji kemampuan verbal, logika, numerik, dan analisis.

Terdapat beberapa materi yang akan diujikan, mulai dari sinonim, antonim, pemahaman wacana, analogi, aritmetika, deret, hingga penalaran analitis.

BACA JUGA:Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan untuk CPNS 2024, Persiapkan Dirimu dari Sekarang

Untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya, peserta harus mencapai nilai ambang batas atau nilai minimal. Adapun nilai ambang batas TIU CPNS 2024 belum ditentukan. Namun, jika mengacu pada tahun sebelumnya, nilai ambang batas TIU adalah 80.

Nah, agar bisa mencapai ambang batas TIU CPNS 2024, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan cara berlatih mengerjakan soal-soal.

BACA JUGA:30 Contoh Soal Tes Intelegensia Umum untuk CPNS 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Contoh Soal TIU CPNS 2024

Dirangkum dari buku Fokus TIU SKD CPNS dan Kedinasan 2024/2025 oleh Amran Haosan dan Nuryani Dwi Astuti, Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2019/2020 oleh Raditya Panji Umbara dan sumber lainnya, berikut sederet contoh soal TIU CPNS 2024:

1. KOMPOR: API = ...:...

A. Palung: Gua

B. Pohon: Buah

C. Kipas Angin

Kategori :