Punya Chicken Skin? Coba Yuk! Ini Daftar Rekomendasi Skincare untuk Menghaluskan Wajah dan Glowing

Kamis 15-08-2024,14:01 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Coba yuk! ini daftar rekomendasi skincare untuk memperbaiki tekstur wajah dan menghaluskan wajah dan glowing.

Siapa yang pernah mengalami kulit wajah yang terasa kasar dan tidak merata? Kondisi ini sering disebut dengan "chicken skin" atau keratosis pilaris.

BACA JUGA:Buruan Serbu, Redmi Note 12 Pro Turun Harga, Intip Spesifikasi Unggulannya!

Chicken skin adalah kondisi kulit yang membuat kulit terasa kering dan kasar, yang sering kali muncul di wajah.

Biasanya, kondisi ini terjadi ketika keratin-yang melindungi kulit dari infeksi dan zat berbahaya-menebal di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori tempat tumbuhnya rambut.

Akibatnya, pori-pori menjadi tersumbat dan kulit terasa kasar, tidak rata, dan tampak memiliki bintik-bintik kecil.

Bintik-bintik ini sering kali muncul dengan warna yang hampir sama dengan warna kulit alami seseorang, tetapi pada beberapa orang, bintik ini bisa terlihat lebih jelas, seperti putih, merah muda, atau kemerahan.

Pada kulit yang lebih gelap, bintik-bintik ini mungkin berwarna cokelat atau hitam, tetapi biasanya hanya sedikit lebih gelap daripada warna kulit di sekitarnya.

Meski kondisi ini jarang menimbulkan komplikasi serius, jika sering digaruk atau digosok, chicken skin dapat menyebabkan warna kulit yang tidak merata, seperti hipopigmentasi atau hiperpigmentasi.

BACA JUGA:Contoh Soal Tes Intelegensi Umum untuk CPNS 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Tips Mengatasi Masalah Chicken Skin

Untuk mengatasi masalah chicken skin dan mendapatkan kulit yang mulus dan glowing, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui. Pertama, penting untuk memperkuat skin barrier atau lapisan pelindung kulit.

Kulit yang sehat dan glowing adalah kulit dengan skin barrier yang kuat. Kedua, fokuslah untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit. Pilihlah hydrating toner atau moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Ketiga, gunakan kombinasi Vitamin C dan sunscreen di pagi hari untuk melindungi kulit dari sinar UV dan menjaga skin barrier tetap kuat. Dan yang terakhir, coba kombinasikan penggunaan Vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari untuk membantu memperbaiki tekstur kulit dan meremajakan kulit wajah Anda.

BACA JUGA:Prediksi BMKG Tentang Gempa Megathrust di Indonesia, Ternyata Gempa Ini Sudah Ada Sejak Abad ke 16

Kategori :