6 Hal yang Bisa Gagalkan Tahap Administrasi Pendaftaran CPNS 2024, Apa saja? Ini Daftarnya!

Senin 19-08-2024,10:18 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;

- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

BACA JUGA:Viral! Wanita Cekoki Kucing dengan Miras, Ini Hasil Penelusuran Polisi dan Klarifikasinya

2. Pernah melakukan kecurangan

Selain itu, peserta seleksi CPNS dan PPPK yang pernah melakukan kecurangan di seleksi sebelumnya tidak akan bisa lolos seleksi administrasi. 

3. Pernah mengundurkan diri

Peserta seleksi tahun sebelumnya yang pernah mengundurkan diri saat sudah mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP) tidak akan lolos seleksi administrasi lagi. Namun, peserta seleksi yang mengundurkan diri sebelum mendapatkan NIP maka bisa mendaftar secara normal.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Besok! Ini Cara Lancar Buka Situs SSCASN untuk Daftar

4. Bukan menyertakan data terbaru

Calon peserta seleksi CPNS dan PPPK harus mendaftarkan diri menggunakan data terbaru. Peserta harus memastikan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) terbaru yang sesuai dengan data di Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil). 

Perubahan data yang perlu diperhatikan antara lain status menikah, pindah Kartu Keluarga, pindah domisili, dan sebagainya.

5. Tidak pakai ijazah asli

BKN mengimbau peserta untuk menggunakan ijazah asli sebagai bukti pendidikan saat mendaftar seleksi. Peserta tidak bisa mendaftar ke seleksi CPNS dan PPPK menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) kecuali di instansi yang dilamar memperbolehkannya.

6. Pendidikan tidak sesuai

Selanjutnya, peserta hanya bisa lolos seleksi administrasi jika memiliki pendidikan yang sesuai dengan persyaratan yang diajukan instansi. Setiap instansi juga bisa memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi peserta.

Nah jika sudah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan gagalnya pada tahap seleksi administrasi, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar peserta lolos pada tahap seleksi administrasi, di antaranya: 

Kategori :