Kecelakaan Lalu Lintas Sepeda Motor Ducati Panigale V4S dan Honda BeAT, Begini Kondisinya

Senin 19-08-2024,16:04 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Pria Ini Aniaya Sang Kekasih, Dicekik dan Dibanting Dalam Lift, Ini Pemicunya

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, memberikan pandangannya tentang kecelakaan ini. 

Menurut Sony, etika berlalu lintas sangat penting untuk menghindari risiko kecelakaan seperti ini.

"Etika berlalu lintas dibutuhkan untuk menghindari risiko-risiko bahaya tabrakan, tidak ada yang menang atau kalah," ujarnya. 

BACA JUGA:Ini Rincian Biaya yang Dikeluarkan Jika Anda Mau Proses Over Kredit Rumah

Sony menegaskan bahwa dalam situasi seperti ini, seharusnya pengendara yang memotong jalan, seperti pengendara Honda BeAT harus menunggu hingga jalur kosong sebelum melakukan manuver. 

Sony juga menyoroti bahwa meskipun Ducati Panigale V4S adalah motor dengan tenaga besar, pengendara tetap harus memperhatikan teknik berkendara yang aman.

 "Panigale V4S yang memiliki tenaga besar juga tidak bisa sembarangan. Sebaiknya, tetap memerhatikan jarak dan teknik pengereman, karena momentumnya pasti besar," kata Sony. 

BACA JUGA:Adu Spesifikasi dan Harga, Inilah Perbandingan Redmi Note 12 Vs Redmi A2, Kamu Pilih Mana?

Dengan tenaga sebesar 211 tenaga kuda pada 13.000 rpm dan torsi 124 Nm di putaran 10.000 rpm, Ducati Panigale V4S adalah mesin yang sangat bertenaga yang membutuhkan kehati-hatian ekstra dalam pengendaliannya. 

Sony mengingatkan bahwa dengan motor bertenaga besar seperti ini, pengendara harus selalu waspada terhadap objek yang mungkin menyeberang atau mengerem mendadak di depan mereka.

BACA JUGA:Warga Temukan Bayi Laki-laki Berusia 2 Minggu di Dalam Tas Jinjing Tergeletak di Trotoar

Lebih lanjut, Sony memberikan saran bagi para pengendara motor sport, khususnya yang memiliki motor dengan spesifikasi tinggi seperti Ducati Panigale V4S untuk tidak sembarangan membuka gas. 

"Boleh buka gas, tetapi harus gradual dan melihat kondisi lalu lintas di depan, kalau ramai sebaiknya biarkan gelinding dan dibantu pengereman. Jadi, kalau setelah kecelakaan terus salah-salahan, tidak ada gunanya, karena keduanya sudah hancur lebur," tambahnya. 

BACA JUGA:Driver Ojol Dilabrak Siswi SMA, Ketahuan Melakukan Body Shaming dan Pelecehan

Panigale V4S, dengan kapasitas mesin 1.103 cc dan bobot hanya 195 kg, adalah motor yang dirancang untuk kecepatan dan performa.

Kategori :