Jangan Panik! Ini 4 Cara Efektif Memulihkan Akun WhatsApp yang Dibajak

Rabu 21-08-2024,20:52 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

- Kirim Email ke Support: Kirim email ke support@whatsapp.com dengan subjek “Akun WhatsApp saya telah dibajak”. 

- Jelaskan Kronologi: Dalam email, ceritakan secara detail kronologi peretasan dan lampirkan bukti-bukti yang relevan untuk mendukung klaim Anda.

- Cantumkan Nomor Telepon: Sertakan nomor telepon Anda yang terkena hack dengan menggunakan format internasional, misalnya +62 untuk Indonesia.

- Tunggu Tanggapan: Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasan dari pihak WhatsApp. Mereka akan memberikan panduan lebih lanjut tentang langkah-langkah yang harus diambil untuk memulihkan akun Anda.

Ciri-ciri Akun WhatsApp yang Dibajak

Untuk membantu Anda mengidentifikasi apakah akun WhatsApp Anda telah dibajak, berikut adalah beberapa ciri-ciri umum yang dapat diperhatikan, seperti yang dikutip dari media sosial Siber Polri:

BACA JUGA:Gaji Pegawai Kementerian BUMN dan Besaran Nilai 5 Jenis Tunjangannya

1. Logout Mendadak 

Jika akun WhatsApp Anda tiba-tiba logout atau keluar dari aplikasi secara sendiri, ini bisa menjadi tanda bahwa ada pihak lain yang sedang menggunakan akun Anda di perangkat lain. 

WhatsApp hanya mengizinkan satu perangkat untuk menggunakan nomor telepon yang sama, jadi jika Anda mendapati akun Anda logout sendiri, kemungkinan besar ada perangkat lain yang mengakses akun Anda.

2. Pesan Tanda Centang Biru

Jika Anda melihat pesan yang sudah terbaca dengan tanda centang biru, tetapi Anda yakin tidak pernah membacanya, ini bisa menjadi indikasi bahwa akun Anda telah dibajak. Peretas mungkin telah mengakses akun Anda dan membaca pesan-pesan Anda tanpa sepengetahuan Anda.

BACA JUGA:Gaji ASN Kemendagri dan Jumlah Formasi CPNS Kemendagri 2024, Lengkap dengan Link Pendaftaran

3. Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan 

Jika Anda mendapati pesan-pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa Anda ketahui atau tanpa Anda lakukan, ini bisa menunjukkan bahwa seseorang telah meretas akun WhatsApp Anda dan mengirim pesan dari akun Anda.

4. Aktivitas WhatsApp Web yang Tidak Dikenal 

Kategori :