10 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Sekitar IKN, Ada Pantai hingga Museum

Jumat 23-08-2024,10:28 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 10 rekomendasi tempat wisata menarik sekitar IKN, ada pantai hingga museum.

Seiring dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada tahun 2024, pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut terus berkembang pesat.

BACA JUGA:WNA Berulah, Nekat Keruk Tebing Demi Bikin Vila, Buang Material ke Laut

Kalimantan Timur, selain dikenal dengan kekayaan hutannya, juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang menakjubkan dan beragam, mulai dari pantai yang mempesona hingga goa yang eksotis.

Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Sekitar IKN

Bagi Anda yang ingin menjelajahi keindahan alam dan budaya sekitar IKN Nusantara, berikut 10 rekomendasi tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi:

1. Kebun Raya Balikpapan

Berjarak sekitar 45 menit perjalanan dari IKN, Kebun Raya Balikpapan merupakan destinasi wisata yang sangat menarik. Kebun ini dikenal dengan koleksi spesies tumbuhan yang sangat beragam, termasuk lebih dari 1.200 spesies tanaman yang dilindungi, kawasan konservasi kayu, serta koleksi bunga anggrek yang mencapai lebih dari 200 spesies.

Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil mempelajari berbagai jenis flora, menjadikannya tempat yang ideal untuk eksplorasi dan edukasi tentang keanekaragaman hayati.

BACA JUGA:WNA Berulah, Nekat Keruk Tebing Demi Bikin Vila, Buang Material ke Laut

2. Pusat Konservasi Beruang Madu

Pusat Konservasi Beruang Madu, yang didirikan pada tahun 2004, menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan beruang madu dalam suasana yang edukatif.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak, untuk belajar lebih banyak tentang kehidupan beruang madu serta upaya konservasi yang dilakukan untuk melindungi spesies ini.

Aktivitas di pusat konservasi ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan wawasan berharga tentang pelestarian satwa liar.

BACA JUGA:Ada Formasi Khusus dalam Penerimaan CPNS 2024, Siapa saja yang Bisa Daftar Formasi Khusus?

Kategori :