Kode Captcha Tidak Tampil saat Daftar CPNS 2024? Begini Langkah Mudah Mengatasinya

Jumat 23-08-2024,14:52 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Namun bagaimana jadinya jika Captha tak tampak saat proses pendaftan akun SSCASN pada CPNS tahun ini.
Sebagaimana dijelaskan BKN melalui laman FAQ di situs web SSCASN, pelamar seleksi CPNS bisa membersihkan riwayat dan memuat ulang peramban.

"Lakukan clear history (bersihkan riwayat dan cookies) kemudian refresh browser Anda," tulis BKN.
Sementara, menurut penjelasan Google di forum Google Support, tak tampilnya kode captcha di peramban Chrome bisa diatasi dengan clear cache dan cookies atau membukanya di jendela baru dalam mode incognito (penyamaran).

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan mereset pengaturan Chrome ke default atau ke setting awal dan men-disable semua ekstensi. Bila cara itu tak mempan, bisa buat new user di Chrome (akun baru Chrome).

BACA JUGA:Bahan Alami Pengganti Gula untuk Penderita Diabetes Menurut dr Zaidul Akbar, Aman Dikonsumsi

Sementara itu, CPNS menjadi incaran banyak individu di Indonesia. Stabilitas pekerjaan, tunjangan menarik, dan kesempatan berkontribusi bagi negara menjadi daya tarik utama.

Sebelum mendaftar, pendaftar harus mengetahui apa saja kendala dan kesalahan saat melakukan pendaftaran seleksi CPNS, sehingga pendaftar bisa lebih teliti dan menghindari yang salah.

BACA JUGA:Terbaru, Ini Ketentuan Batas Usia Pelamar untuk Daftar CPNS 2024, Maksimal Segini

Kendala ini biasanya terjadi saat daftar CPNS

1. Situs Pendaftaran Overload dan Lambat

Salah satu keluhan paling umum adalah situs pendaftaran yang sering mengalami overload dan menjadi sangat lambat, terutama saat mendekati batas waktu pendaftaran.

Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah pendaftar yang mengakses situs secara bersamaan. Akibatnya, proses pendaftaran menjadi terhambat, bahkan tidak jarang mengalami kegagalan.

Solusi:
Melakukan pendaftaran lebih awal, dan hindari mengakses situs pada jam-jam sibuk, seperti pagi dan sore hari. Cobalah pada tengah malam atau dini hari.

Pastikan juga koneksi internet stabil dan cepat untuk menghindari gangguan. Jika situs tetap lambat, coba gunakan browser atau perangkat lain.

Selain itu, pantau terus informasi resmi dari BKN mengenai perkembangan situs pendaftaran. BKN akan memberikan informasi jika ada gangguan atau pemeliharaan situs.

BACA JUGA:Kisah Kehidupan Nabi Muhammad SAW, Beliau Pernah Pucat karena Hal Berikut

2. Kesulitan Mengunggah Dokumen

Kategori :