Ini 10 Jurusan Kuliah yang Banyak Bikin Mahasiswa Drop Out, Prodi Mana Saja?

Sabtu 24-08-2024,09:32 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini 10 jurusan kuliah yang banyak bikin mahasiswa drop out, prodi mana saja?

Perkuliahan merupakan proses belajar di universitas atau sekolah tinggi yang mempelajari suatu disiplin ilmu atau keahlian. 

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari teori-teori dan konsep-konsep dasar yang dibutuhkan dalam bidang yang dipilihnya, serta menerapkannya melalui latihan praktik dan tugas-tugas.

BACA JUGA:Kesempatan Terbuka Lebar, Ini 13 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di IKN

Namun ternyata tidak semua mahasiswa bisa lulus dari jurusan kuliah mereka. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat drop out mahasiswa, diantaranya:

1. Hal pertama adalah kemampuan akademis yang kurang.  

2. Selain itu, mahasiswa mungkin merasa kesulitan dalam mengikuti kelas dan mengerjakan tugas-tugas, sehingga akhirnya memutuskan untuk keluar dari kuliah.

3. Berikutnya mungkin kondisi keuangan mereka tidak memadai. Biaya kuliah yang tinggi mungkin menjadi salah satu alasan mengapa mahasiswa memutuskan untuk drop out, terutama jika mereka tidak memiliki sumber pendapatan yang stabil atau tidak memiliki dukungan keuangan dari orang tua atau keluarga.

4. Selanjutnya ada juga masalah pribadi. Mahasiswa mungkin juga mengalami masalah pribadi yang mempengaruhi konsentrasi dan motivasi mereka dalam belajar, seperti masalah keluarga, percintaan, kesehatan mental serta berbagai masalah lainnya.

BACA JUGA:Jurusan Kuliah dari D3 Hingga S1 yang Bisa Mendapatkan Beasiswa Bank Indonesia

5. Lalu bisa saja mahasiswa merasa tidak sesuai dengan program studi yang diambil. Mahasiswa juga bisa saja merasa bahwa program studi yang diambil tidak sesuai dengan minat atau bakat yang dimilikinya, sehingga memutuskan untuk keluar dari kuliah.

6. Ada juga faktor tekanan akademik yang tinggi. Beban akademik yang tinggi dan jadwal padat yang tidak dapat diikuti oleh mahasiswa mungkin juga menjadi alasan mengapa mahasiswa memutuskan untuk drop out.

Mahasiswa drop out berasal dari berbagai jurusan. Berikut ini 10 jurusan yang memiliki jumlah mahasiswa drop out terbanyak, yang dirangkum dari sumateraekspres.bacakoran.co.

BACA JUGA:15 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kaum Ekstrovert, Kamu Pilih Mana?

10 Jurusan Kuliah dengan Tingkat Drop Out Tertinggi

Kategori :