7 Pantangan Orang Aceh, Diantaranya Tidak Boleh Duduk di Atas Bantal

Sabtu 24-08-2024,16:34 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 7 pantangan orang Aceh, diantaranya tidak boleh duduk di atas bantal.

Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan dan kebiasaan tersendiri. Terkadang, kebiasaan ataupun larangan-larangan tersebut tidak tertulis.

Meski demikian, bagi warga suatu daerah, kebiasaan atau pantangan itu memang ada, mereka selalu mematuhinya dan sudah diturunkan dari nenek moyang mereka terdahulu.

BACA JUGA:Pantangan Orang Jawa, Jangan Coba-coba Dilanggar kalau Mau Hidup Selamat

Salah satunya di Aceh, di provinsi ini ada beberapa pantangan yang sangat dipatuhi masyarakatnya. Jika Anda berkunjung ke Aceh atau malah mendapat jodoh orang Aceh, sudah sepatunya Anda juga mematuhi pantangan tersebut.

Apa saja pantangan masyarakat Aceh? Berikut ulasannya.

1. Pantangan Duduk di Tangga atau Teras Rumah

Dalam pandangan masyarakat Aceh, pantangan bagi seseorang apabila ia duduk di bawah tangga atau di teras. 

BACA JUGA:Ini 3 Pantangan Setelah Minum Madu yang Wajib Diketahui dan Dihindari

Apabila larangan demikian tidak dipatuhi, maka mereka akan mendapat kemalangan seperti rambut rontok dan bagi seorang gadis jodohnya akan menjauh apabila ia nekat melanggarnya.

2. Pantangan Berkeliaran saat Magrib 

Pantangan berada di luar rumah saat magrib atau senja ini sangat melegenda, bahkan tidak hanya di kalangan masyarakat Aceh saja. 

Biasanya anak-anak akan mendapat teguran dari para orang tua apabila masih berkeliaran pada jam-jam matahari mulai terbenam. 

Dan ketika larangan itu diacuhkan, maka tidak jarang para orang tua akan menakut-nakuti anak-anaknya dengan menceritakan sosok makhluk misterius Geunteut yang muncul dikala senja mengawasi dan menculik mereka yang suka berkeliaran saat magrib. 

BACA JUGA:5 Pantangan Weton Tulang Wangi Pada Malam 1 Suro, Apa Saja?

Kategori :