Prediksi Cuaca Potensi Hujan Bakal Guyur Kota-kota Besar di Indonesia, BMKG Minta Waspadai Gelombang Tinggi

Senin 26-08-2024,13:37 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Prediksi cuaca potensi hujan akan guyur kota-kota besar di Indonesia, BMKG minta waspadai potensi gelombang tinggi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca terbaru yang menunjukkan adanya potensi hujan yang akan mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia pada hari Senin ini. 

Hujan yang diprediksi bervariasi dari intensitas ringan, sedang, hingga deras, menjadi perhatian utama bagi warga di berbagai daerah. 

BACA JUGA:Kementerian Setneg Siapkan 426 Formasi CPNS 2024, Gaji Bisa Tembus Rp 10 Juta, Ini Rincian Lengkapnya

Selain itu, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi tinggi gelombang air laut yang dapat mempengaruhi wilayah pesisir.

Rincian Prakiraan Cuaca

BMKG melalui Prakirawan Ida Pramuwardani, yang laporannya dipantau di Jakarta, menjelaskan bahwa beberapa kota di Indonesia akan mengalami hujan dengan intensitas yang bervariasi. 

Hujan berintensitas ringan, dengan curah hujan kurang dari 2,5 mm per jam, diprediksi akan turun di beberapa kota besar seperti Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Palangka Raya. Kota-kota ini akan merasakan hujan ringan dengan suhu berkisar antara 26 hingga 29 derajat Celcius.

Selain itu, hujan ringan juga diperkirakan akan mengguyur kota Samarinda, Banjarmasin, Gorontalo, Ambon, Sorong, Ternate, dan Manokwari. 

BACA JUGA:Bandingkan Spesifikasi dan Harga Redmi 12 vs Oppo A3x, Kamu Lebih Suka yang Mana?

Suhu di kota-kota ini diperkirakan akan berada dalam rentang yang sama, yakni 26-29 derajat Celcius. Kondisi cuaca ini mungkin tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari, namun tetap perlu diwaspadai karena dapat memengaruhi kondisi jalan dan transportasi.

Untuk beberapa kota lainnya, seperti Medan, Mamuju, Kendari, Merauke, Jayawijaya, Jayapura, dan Nabire, BMKG memprediksi akan turun hujan dengan intensitas sedang. 

Curah hujan di kota-kota ini diperkirakan lebih dari 4,0 mm per jam, dengan suhu berkisar antara 21 hingga 27 derajat Celcius. 

Hujan dengan intensitas sedang ini memiliki potensi untuk menyebabkan genangan air, sehingga masyarakat di daerah-daerah tersebut diimbau untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan gangguan akibat cuaca ini.

BACA JUGA:BKPM Umumkan 110 Formasi CPNS 2024 dengan Tawaran Gaji Capai Rp 8,5 Juta, Ini Persyaratannya

Kategori :