Ternyata Segini Gaji PNS 2024 Lulusan SMA, Cek Formasi CPNS Tahun Ini

Senin 26-08-2024,22:18 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ternyata segini gaji-pns 2024 lulusan SMA, cek formasi CPNS tahun ini.

Dibalik persaingan ketat pendaftaran CPNS nampaknya minat masyarakat Indonesia dapatkan pekerjaan dari CPNS cukup besar. Terbukti dari antusias pendaftaran tes CPNS sudah diserbu sejak hari pertama.

Buat kamu yang tertarik daftar tes CPNS lulusan SMA 2024 boleh simak artikel ini. Apakah masih minat daftar tes CPNS 2024? cek info lengkapnya.

BACA JUGA:Daftar Gaji PNS Terbaru 2024 Golongan I Sampai IV, Berapa Gaji PNS Luluan SMA?

Tiap tahun tes CPNS atau seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) selalu dibuka Pemerintah. Hal ini demi mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Yang menarik dari tes CPNS yaitu lowongan yang dibuka cukup banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin berpeluang lolos tes CPNS, banyak yang menyarankan pilih daerah luar Jawa atau yang jarang jadi incaran.

Disatu sisi, CPNS lulusan SMA juga paling banyak diminati. Pemerintah juga menambah kuota untuk lulusan SMA.

BACA JUGA:5 Instansi Pemerintah dengan Gaji PNS Tertinggi, Tertarik Daftar CPNS 2024?

Gaji PNS 2024 Lulusan SMA,

Berapa gaji PNS lulusan SMA? Gaji pokok semua PNS mendapatkan besaran yang sama sesuai golongannya seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2024.

Berdasarkan peraturan tersebut, ditetapkan gaji pokok lulusan SMA yang terendah sebesar Rp2 juta, sedangkan yang tertinggi sebesar Rp4 juta.

Besaran gaji PNS terbagi atas empat golongan, yaitu golongan I, II, III, dan IV. Golongan I adalah PNS yang memiliki latar belakang pendidikan lulusan SD dan SMP.

Sementara golongan II adalah PNS yang memiliki latar belakang pendidikan lulusan SMA dan Diploma III.

Kemudian golongan III adalah PNS yang memiliki latar belakang pendidikan lulusan Diploma IV, Sarjana, Magister, dan Doktor (S1-S3). Untuk golongan IV adalah PNS yang naik sesuai jenjang jabatan atau karier.

BACA JUGA:Tukin dan Gaji PNS BKKBN 2024 Naik, Tertinggi Capai Rp 33 Juta, Simak Rincian Lengkapnya

Kategori :