Waspada Ancaman Mpox Sudah Masuk ke Indonesia, Kenali Gejalanya

Rabu 28-08-2024,21:47 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM  - Waspada ancaman MonkeyPox sudah masuk ke Indonesia, kenali gejalanya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) baru-baru ini mengumumkan data terbaru mengenai kasus konfirmasi Monkeypox (Mpox) di Indonesia. Hingga Sabtu, 17 Agustus 2024, tercatat ada 88 kasus konfirmasi Mpox di berbagai wilayah di Tanah Air.

BACA JUGA:Segala Penyakit dalam Tubuh Perlahan Sembuh, dr Zaidul Akbar Sarankan Lakukan Ini dalam 2 Minggu

Dari total 88 kasus tersebut, mayoritas ditemukan di DKI Jakarta dengan 59 kasus. Kasus lainnya tersebar di Jawa Barat (13 kasus), Banten (9 kasus), Jawa Timur (3 kasus), Daerah Istimewa Yogyakarta (3 kasus), dan Kepulauan Riau (1 kasus). Kabar baiknya, 87 dari 88 pasien tersebut telah dinyatakan sembuh.

Apa Itu Mpox (MonkeyPox)

Monkeypox (mpox) atau cacar monyet ditandai dengan gejala berupa pembengkakan kelenjar getah bening, yang biasanya terjadi di rahang bawah, leher, dan selangkangan. Mpox juga disertai gejala yang mirip dengan cacar air, terutama ruam atau bintil berair di dada, wajah, hingga bagian dalam mulut dan hidung.

BACA JUGA:Rutin Makan Mie Tanpa Khawatir Muncul Penyakit, dr Zaidul Akbar Bagikan Tipsnya

Penyebab Monkeypox (Mpox)

Mpox disebabkan oleh virus Monkeypox. Virus ini bisa menyebar dari hewan ke manusia dan dari manusia ke manusia. Penularan virus Monkeypox dari hewan bisa terjadi akibat gigitan atau cakaran monyet, tikus, tupai, atau hamster yang terinfeksi.

Hewan yang terinfeksi monkeypox umumnya adalah hewan primata atau pengerat yang liar. Binatang peliharaan jarang bisa terinfeksi dan menularkan penyakit ini, kecuali jika pernah dibebaskan keluar rumah.

BACA JUGA:Simak, Ini 10 Jenis Ikan Mengandung Merkuri, Hindari untuk Cegah Penyakit

Sementara itu, penyebaran virus mpox dari manusia bisa terjadi melalui percikan air liur maupun kontak langsung dengan luka di kulit, mulut, atau alat kelamin penderita. Penularan monkeypox dapat terjadi melalui:

• Berbicara tatap muka

• Bersentuhan

• Berciuman, termasuk ciuman ke kulit

Kategori :