Darurat Mpox, Ini Perbedan Cacar Monyet dan Cacar Air yang Perlu Diketahui

Kamis 29-08-2024,09:22 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

Selain itu, virus cacar air juga bisa menular dengan mudah ke orang lain melalui cairan dari luka lepuh dan bekas luka yang belum mengering.

Cacar air lebih rentan dialami oleh seseorang yang belum pernah terinfeksi cacar air, belum menerima vaksin cacar air, memiliki daya tahan tubuh lemah, bekerja di fasilitas umum, dan berusia di bawah 12 tahun.

Pada penyakit cacar monyet, penularan virus monkeypox bisa ditularkan dari hewan ke manusia dan antarmanusia. Penularan virus dari hewan biasanya terjadi akibat gigitan atau cakaran monyet, tikus, atau hamster yang terinfeksi.

BACA JUGA:Kasus Penyakit Mpox Jadi Perhatian Dunia, Simak 9 Gejala Mpox pada Anak yang Wajib Diketahui

Sementara itu, penularan virus cacar monyet dari manusia dapat terjadi melalui percikan air liur maupun kontak langsung dengan luka di kulit penderita. 

Seseorang lebih rentan terkena cacar monyet jika melakukan kontak erat dengan penderita cacar monyet, merawat penderita cacar monyet, dan menangani hewan primata atau hewan pengerat yang sakit.

3. Perbedaan berdasarkan gejalanya

Cacar air dan cacar monyet sekilas memiliki gejala yang serupa, seperti timbulnya bintil kemerahan yang gatal di kulit. Namun, kedua penyakit ini sebenarnya memiliki gejala lain yang berbeda.

Gejala cacar air biasanya muncul 1–2 hari setelah seseorang terinfeksi virus varicella zoster. Sebelum mengalami bintil kemerahan di kulit, penderita cacar air umumnya akan mengalami gejala berupa:

BACA JUGA:Asal Mula Monkeypox atau Cacar Monyet yang Ancam RI, Pertama Ditemukan di Tubuh Manusia Tahun 1970

- Demam

- Kehilangan nafsu makan

- Sakit kepala

- Mudah lelah

- Muncul bintil kemerahan gatal yang makin lama berubah menjadi luka lepuh berisi air, pecah dengan sendirinya, lalu mengering 

- Bintil kemerahan biasanya muncul berurutan mulai dari area kulit kepala, wajah, badan, punggung, lalu di seluruh tubuh, kecuali area kelamin

Kategori :