11 Manfaat Rutin Mengonsumsi Cuka Apel, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Perut Buncit

Jumat 30-08-2024,21:46 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 11 manfaat rutin mengonsumsi cuka-apel, salah satunya ampuh mengatasi perut buncit.

Cuka sari apel, yang terbuat dari fermentasi sari apel, telah mendapatkan perhatian sebagai salah satu bahan alami yang memberikan beragam manfaat kesehatan. Dalam upaya mempertahankan kesehatan tubuh, pengetahuan akan manfaat cuka sari apel menjadi suatu hal yang esensial.

Salah satu manfaat utama cuka sari apel adalah kemampuannya dalam meningkatkan pencernaan. Kandungan asam organik dalam cuka sari apel dapat membantu mengoptimalkan fungsi lambung dan meningkatkan produksi enzim pencernaan, sehingga mempromosikan proses pencernaan makanan dengan lebih efisien.

BACA JUGA:Sering Muncul di TikTok, Benarkah Cuka Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Manfaat Rutin Mengonsumsi Cuka Apel

dari apel. Cuka apel memiliki kandungan yang bersifat antimikroba. 

Cairan ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, cuka apel juga tidak mengandung kolesterol dan sodium di dalamnya.

Proses pembuatan cuka apel yang melalui proses fermentasi juga meninggalkan sejumlah kandungan lainnya. Mulai dari asam asetat, asam gallic, hingga katekin.

Kandungan yang terjadi dalam proses pembuatan inilah yang membuat cuka apel mempunyai manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya:

BACA JUGA:Kata dr Zaidul Akbar, Minum Cuka Apel Sebelum Makan Bisa Cegah Lonjakan Gula, Begini Resepnya

1.Mengatur kadar gula dalam darah

Manfaat cuka apel yang paling dikenal oleh semua orang yaitu mengatur kadar gula dalam darah. Bagi pengidap diabetes, kadar gula dalam darah harus selalu diperhatikan. Sebab, cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih ketika tubuh mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Cuka apel akan bekerja dengan memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang masuk ke dalam darah. Hal tersebut dapat mencegah kadar gula dalam darah melonjak secara tiba-tiba, setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Hal serupa juga terdapat dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice dengan judul Vinegar Consumption Can Attenuate Postprandial Glucose and Insulin Responses; a Systematic Review and Meta-Analysis of Clinical Trials. Studi tersebut menemukan bahwa cuka apel dapat mengurangi kadar glukosa dan insulin postprandial. 

BACA JUGA:Tak hanya Bumbu Dapur, Simak 7 Cara Konsumsi Cuka Apel untuk Diet, Intip juga 7 Manfaat Lain Cuka Apel

Kategori :