Kenapa Cuka Apel Bisa Bantu Program Diet? Ini Kandungan Nutrisi Dalam 100 Mililiter Cuka Apel

Jumat 30-08-2024,21:54 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kenapa cuka-apel bisa bantu program diet? Ini kandungan nutrisi dalam 100 mililiter cuka apel.

Cuka apel termasuk herbal serbaguna yang disebut-sebut memiliki banyak manfaat. Bahan yang dikenal sejak zaman Yunani kuno ini bahkan tidak hanya berguna sebagai makanan, tapi juga obat tradisional.

BACA JUGA:Cuka Apel Baik Untuk Kesehatan Tapi Tak Boleh Asal Pakai, 10 Dampak Negatif Pengunaan Cuka Apel

Kenapa Cuka Apel Bisa Bantu Program Diet?

Dilansir Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, para ahli kebugaran dan pakar kesehatan merekomendasikan diet cuka apel untuk menurunkan berat badan atau diet. Dalam Bioscience and Biotechnology Biochemistry, penelitian oleh Kondo, dkk, menunjukkan hanya dengan mengkonsumsi dua sendok makan cuka apel per hari selama 12 minggu berat badan turun hampir 1,8 kilogram tanpa modifikasi diet atau gaya hidup.

Dikutip Berbagai Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan karya Husni Abdullah Mubarok, di dalam cuka apel mengandung asam asetat yaitu senyawa yang mempunyai efek menghambat penguraian karbohidrat serta mengurangi nafsu makan. Dalam jangka pendek, konsumsi cuka apel sebelum makan bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebih.

BACA JUGA:11 Manfaat Rutin Mengonsumsi Cuka Apel, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Perut Buncit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam asetat dalam cuka apel bisa meningkatkan metabolisme lemak, yang dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan lemak. Serta dapat meningkatkan pengeluaran lemak melalui urine dan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Mengkonsumsi cuka apel bisa menjadi bagian dari rencana diet sehat, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati serta tidak boleh digunakan sebagai pengganti makanan sehat atau sebagai cara untuk menghindari aktivitas fisik.

Kandungan Nutrisi Dalam 100 Mililiter Cuka Apel

Dikutip Jurnal Unida, cuka apel mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut sejumlah nutrisi dalam 100 mililiter cuka apel.

BACA JUGA:Sering Muncul di TikTok, Benarkah Cuka Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

• Energi: 21 kkal

• Karbohidrat: 0,93 gram

• Gula total: 0,4 gram

Kategori :