Daftar 3 Cagub Terkaya Pilkada 2024 Pulau Jawa, Ada yang Punya Harta Rp 184 Miliar

Sabtu 31-08-2024,11:53 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Daftar 3 cagub terkaya Pilkada 2024 Pulau Jawa, ada yang punya harta Rp 184 miliar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menutup pendaftaran untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Pilkada 2024 di lima provinsi di Pulau Jawa. 

Dalam Pilkada kali ini, terdapat 14 pasangan calon yang akan bertarung, masing-masing didukung oleh berbagai partai politik. Di antara mereka, terdapat tiga cagub yang mencatatkan kekayaan yang sangat signifikan, menjadikan mereka sebagai kandidat dengan kekayaan terbesar di Pulau Jawa. 

BACA JUGA:Masuk Prioritas! Ini 4 Kategori Guru yang Bisa Seleksi PPPK 2024 September Mendatang

Berdasarkan data terkini dari laman resmi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikelola oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), berikut adalah ulasan mengenai tiga cagub terkaya di Pilkada 2024 Pulau Jawa.

1. Andika Perkasa (Cagub Pilkada Jawa Tengah 2024)

Andika Perkasa, yang saat ini berstatus sebagai mantan Panglima TNI menjadi cagub terkaya di Pulau Jawa dengan total kekayaan mencapai Rp184.530.569.648. 

Andika yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024, sebelumnya telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 31 Desember 2022. Kekayaan Andika Perkasa terdiri dari berbagai aset dan investasi, serta kas yang melimpah.

Andika memiliki sejumlah aset tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai lokasi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Total nilai dari aset tanah dan bangunan ini mencapai Rp38.924.250.000. 

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Permintaan Jasa Cetak untuk Kebutuhan Kampanye dan Promosi Calon Meningkat Tajam

Aset-aset tersebut meliputi tanah dan bangunan di Jakarta, Sleman, Cianjur, Surabaya, serta beberapa lokasi internasional seperti Australia dan Amerika Serikat. 

Sebagian besar dari aset ini diperoleh melalui hibah tanpa akta, yang dapat menimbulkan pertanyaan mengenai kepemilikan dan legalitasnya. 

Selain aset tanah dan bangunan, Andika Perkasa juga memiliki satu unit mobil mewah, yaitu Mercedes Benz Sprinter, dengan nilai fantastis sebesar Rp1,8 miliar. 

Di samping itu, Andika memiliki harta bergerak lainnya yang bernilai Rp10,1 miliar dan surat berharga senilai Rp3,1 miliar. Kas dan setara kas menjadi bagian terbesar dari kekayaannya, dengan total mencapai Rp131.435.319.648. 

BACA JUGA:Bisa Diikuti Guru Honorer Swasta, Ini Cara serta Syarat Guru Swasta Daftar PPPK 2024, Apa saja?

Kategori :