Selain IKN, Ini Daftar Karya Terbaik I Nyoman Nuarta dalam Seni Patung

Minggu 01-09-2024,16:07 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Patung GWK setinggi 122 meter karya Nyoman dinobatkan sebagai patung tertinggi di Indonesia. Besar patung ini bahkan mengalahkan Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya, yang juga ia bangun pada 1990 dan diresmikan pada 1996.

Sepanjang hidupnya, Nyoman sering mendapatkan berbagai penghargaan dan pengakuan seni tingkat nasional hingga internasional. Ia pernah memenangkan penghargaan dari Nanyang Academy of Fine Arts 1989, di Singapura.

Memasuki tahun 1993, Nyoman mendapat penghargaan dari Ketua REDAS Competition Singapura pada 1993. Dua tahun kemudian ia meraih penghargaan dari APEC Sculpture Garden 1996, atas partisipasinya di ajang seni patung yang berlangsung di Manila, Filipina itu.

BACA JUGA:Daftar 18 Konglomerat Indonesia yang Jadi Investor Utama di IKN, Siapa Saja?

Ia kemudian mendirikan studio sendiri bernama Studio Nyoman Nuarta. Melalui studio tersebut, Nyoman memberikan layanan konsultan dan produser seni.

Memasuki tahun 2000, Nyoman mendirikan taman seni di daerah Bandung, bernama NuArt Sculpture Park. Sesuai namanya, taman NuArt awalnya didedikasikan untuk menampilkan karya-karya Nyoman.

Seiring berjalannya waktu, NuArt Sculpture Park menjadi salah satu pusat seni besar di Bandung yang sering digunakan untuk mengadakan pameran, pertunjukkan, hingga konser musik.

Selain menjadi pemilik studio dan taman seni, Nyoman saat ini juga menjadi komisioner di PT Garuda Adhimatra, PT Nyoman Nuarta Enterprise, dan The Mandala Garuda Wisnu Kencana Foundation.

BACA JUGA:Kebiasaan yang Dianggap Sehat, Ini Bahaya Sering Konsumsi Air Hangat saat Perut Kosong!

Karya-karya Nyoman Nuarta tidak hanya memperindah ruang publik, tetapi juga menjadi media untuk menyampaikan pesan-pesan moral, sejarah, dan budaya. Melalui patung-patungnya, Nyoman Nuarta mengajak kita untuk merenung, belajar, dan menghargai nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Keberadaan karya-karya Nyoman Nuarta di berbagai daerah menunjukkan bahwa seni patung memiliki daya jangkau yang luas dan dapat menjadi sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Itulah beberapa karya terbaik sang maestro pematung Nyoman Nuarta selain IKN yang perlu kamu ketahui. Jika berkunjung ke salah satunya jangan lupa dokumentasikan untuk kenang-kenangan, ya!

Putri Nurhidayati

Kategori :