Pertamina Turunkan Harga BBM Pertamina Dex, Daerah Mana Paling Murah?

Senin 02-09-2024,14:37 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Contohnya, truk muatan. Biasanya, truk-truk besar akan membutuhkan tenaga yang lebih besar dan mesin yang tangguh untuk berjalan optimal. Alasan lain mengapa Pertamina Dex cocok digunakan untuk kendaraan bermesin diesel adalah karena Pertamina Dex tidak membuat mesin berisik.

Selain itu, kendaraan juga jadi lebih nyaman dikendarakan karena tidak banyak getaran yang muncul akibat gesekan pada mesin.

Dilansir laman Pertamina, kandungan sulfur Pertamina Dex yang lebih rendah dibandingkan Dexlite justru membuat kualitas mesin kendaraan tetap terjaga. Di sisi lain, Pertamina Dex juga memiliki kandungan bahan aditif lain yang mampu mencegah korosi dan endapan pada tanki penyimpanan.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pemilik Lahan Pertambangan, Alasannya Tidak Memiliki Izin

Perbedaan Bahan Bakar Dexlite dan Pertamina Dex

Berikut ini adalah beberapa perbedaan bahan bakar Dexlite dan Pertamina Dex yang sama-sama diperuntukan bagi mobil dengan mesin diesel, dimulai dari kandungan oktan, sulfur dan zat additive. Berikut penjelasannya:

- Kandungan Oktan

Perbedaan bahan bakar Dexlite dan Pertamina Dex yang pertama adalah terletak pada kandungan oktan dari masing-masing bahan bakar tersebut. Bahan bakar Dexlite memiliki angka oktan 51, sementara untuk Pertamina Dex memiliki angka oktan 53.

Kandungan oktan pada bahan bakar menunjukan seberapa besar tingkat kompresi atau pembakaran yang dapat dihasilkan oleh bahan bakar tersebut.

Semakin tinggi nilai oktan pada bahan bakar menunjukan semakin cepatnya bahan bakar tersebut dikonsumsi oleh mesin.

Semakin tinggi angka oktan pada bahan bakar maka akan semakin baik, namun belum tentu mampu meningkatkan performa mesin. Hal paling tepat adalah kesesuaian antara nilai oktan dengan kebutuhan mesin mobil.

BACA JUGA:Pembelian BBM Dibatasi, Ini Daftar Motor Honda yang Tidak Boleh Pakai Pertalite

- Kandungan Sulfur

Perbedaan yang selanjutnya antara kedua bahan bakar tersebut adalah terletak pada kandungan sulfur pada masing-masing bahan bakar tersebut, Dexlite mempunyai kandungan sulfur 1200 ppm, sementara Pertamina Dex mempunyai kandungan sulfur 300 ppm.

Berbanding terbalik dengan oktan, untuk kandungan sulfur pada bahan bakar jika semakin sedikit maka akan semakin baik. Sulfur atau yang sering juga disebut belerang dapat merugikan mesin seperti merusak mesin atau membuat proses pembakaran menjadi terganggu.

Semakin sedikit kandungan sulfur pada bahan bakar juga menunjukan semakin bersihnya bahan bakar tersebut dan tentunya hal ini akan semakin meningkatkan performa mesin mobil OtoFriends.

Kategori :