17 Orang Polwan Pangkat Tertinggi 2024, Ada yang Purna dan Ada yang Masih Aktif

Senin 02-09-2024,19:52 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:5 Polwan Cantik di Kepolisian RI, Nomor 5 Pernah Gabung Misi Perdamaian PBB di Afrika Tengah

16. Brigjen Pol. Nurul Azizah  

Brigjen Pol Nurul Azizah lahir pada 5 November 1972 di Ambarawa, Semarang. Beliau mulai dikenal publik ketika diangkat sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri pada Juni 2022, menjadi Polwan pertama yang menjabat sebagai juru bicara Polri. 

Nurul Azizah memiliki karier yang cemerlang, dimulai dari pendidikan di Sekolah Bintara Polwan, kursus Dasba Operator Komputer Hankam, serta pendidikan tinggi di PTIK/STIK. Pendidikan lanjutan di Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta menunjukkan dedikasinya dalam pengembangan diri dan profesi kepolisian.

BACA JUGA:Incar Daftar Polwan? Ini Gambaran Tahapan Menjadi Polwan 2024, dan Syarat Fisik yang Harus Diketahui

17. Brigjen Pol. Sumy Hastry Purwanti  

Brigjen Pol Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti, Sp.F., DFM. (lahir 23 Agustus 1970) adalah seorang perwira tinggi yang saat ini menjabat sebagai Tenaga Dokkes Investigasi Kepolisian Utama Tk. II Pusdokkes Polri. 

Beliau adalah Polwan pertama di Asia yang bergelar Doktor Forensik, menunjukkan keahlian dan kontribusinya dalam bidang kedokteran kepolisian. 

Sumy Hastry Purwanti merupakan sosok yang memadukan keahlian medis dengan penegakan hukum, menjadikannya sebagai figur penting dalam pengembangan dan aplikasi ilmu kedokteran forensik dalam kepolisian.

BACA JUGA:Pendaftaran Polwan 2024, Persiapkan Dirimu, Begini Syarat dan Tahapan Tesnya

Berikut ini sejarah singkat Polwan 

Tonggak sejarah lahirnya satuan polisi wanita atau polwan pada 1 September 1948 adalah di kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Keputusan ini membawa perubahan yang signifikan dalam sejarah perempuan di dunia kepolisian Indonesia

Diketahui, sebelum tahun 1948, perempuan tidak diperbolehkan untuk mengikuti pendidikan kepolisian atau bahkan menjadi anggota polisi. 

Namun, peristiwa penting ini membuka jalan bagi perempuan Indonesia untuk terlibat dalam dunia kepolisian dan memberikan kontribusi penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

BACA JUGA:Ini Nama 38 Provinsi di Indonesia Lengkap Serta Ibu Kotanya, Setelah Ditambah Papua Barat Daya

Terbentuknya Polwan pada 1948 adalah hasil dari inisiatif organisasi wanita dan organisasi wanita Islam di Bukittinggi. Mereka mengusulkan kepada pemerintah agar perempuan dapat ikut serta dalam pendidikan kepolisian. 

Kategori :