Intip 8 Keunggulan Pertamax Green 92 Pengganti BBM Pertalite, Harganya Berapa?

Selasa 03-09-2024,10:27 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Intip 8 keunggulan pertamax-green-92 pengganti BBM pertalite, harganya berapa? Berikut informasinya

Pemerintah saat ini sedang berusaha membatasi penggunaan BBM Subsidi seperti Solar dan Pertalite pada kendaraan.

Pembatasan ini dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran dan memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

BACA JUGA:Apa Keistimewaan Pertamax Green 92? Jenis BBM yang Disebut Jadi Pengganti Pertalite

Heppy Wulansari, Sekretaris Perusahaan Patra Niaga Pertamina, menyatakan bahwa pihaknya telah mengatur lokasi SPBU yang menjual BBM Subsidi agar tepat sasaran.

"Dengan mempertimbangkan jalur transportasi umum, tidak berada di area pemukiman menengah ke atas, di luar daerah industri," tuturnya.

Sementara itu, Dadan, Sekjen Kementerian ESDM, mengatakan bahwa peraturan mengenai persyaratan pengguna BBM Subsidi akan segera dilaksanakan. Rencananya, peraturan tersebut akan mulai berlaku secara bertahap mulai 1 Oktober 2024.

BACA JUGA:Selain BBM Pengganti Pertalite Ada Juga BBM Baru Pengganti Bio Solar, Rendah Sulfur

Sebelumnya, beredar informasi kriteria kendaraan yang menggunakan BBM Subsidi didasarkan pada Cubicle Centimeter (CC).

Dimana, mobil dengan CC di atas 1.400 tidak dapat menggunakan BBM Subsidi Pertalite atau Solar.

Sedangkan, kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 1.400 CC dapat memperoleh BBM subsidi Pertalite atau Solar di SPBU Pertamina.

BBM Pengganti Pertalite 

Pertamina berencana mengenalkan bahan bakar baru yang diberi nama Pertamax Green 92. Bahan bakar ini sebenarnya adalah kombinasi dari Pertalite, yang sudah ada di pasaran, ditambah dengan etanol sebanyak 7%. Hasil dari campuran ini adalah sebuah jenis bahan bakar dengan tingkat oktan sebesar 92. Tidak hanya itu, kehadiran etanol membuat Pertamax Green 92 lebih ramah lingkungan karena etanol adalah bahan bakar terbarukan.

BACA JUGA:Mengenal 2 Jenis BBM Baru, Salah Satunya BBM Pengganti Pertalite

Rencana ke depannya adalah untuk menjadikan Pertamax Green 92 sebagai pengganti Pertalite dalam kategori bahan bakar yang disubsidi oleh pemerintah. 

Kategori :