Alasan Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Maarten Paes Absen Lawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia

Rabu 04-09-2024,09:13 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

Di sisi lain pemain berposisi bek, Justin Hubner, harus absen karena hukuman skorsing 1 pertandingan. Hukuman diterima Hubner dari akumulasi kartu kuning, saat duel terakhir kontra Timnas Filipina pada 11 Juni 2024.

Kartu kuning itu merupakan yang kedua bagi Hubner, sepanjang laga ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kartu kuning pertama ia dapatkan ketika melawan Vietnam, pada 22 Maret 2024 di Jakarta.

BACA JUGA:Sosok Calon Naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Asal Belanda Keturunan Darah Maluku

Pengganti Maarten Paes

Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia wajib mengantisipasi absennya Maarten Paes dan Justin Hubner pada matchday 1 ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, kontra Arab Saudi. Pemain pengganti diharapkan bisa tampil maksimal dalam pertandingan.

Di posisi kiper, pelatih STY masih memiliki 3 kiper berkualitas seperti Ernando Ari, Nadeo Argawinata, dan Muhammad Adi Satryo. Jika ditambah dengan Paes, maka total ada 4 kiper di skuad Garuda saat ini.

Pada umumnya sebuah tim hanya akan membawa 3 kiper dalam laga resmi. Tapi absennya Paes pada matchday 1 membuat tim pelatih memutuskan membawa kiper tambahan, untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

BACA JUGA:Jadwal Piala AFF 2024, Timnas Indonesia Bakal Tambah Pemain Naturalisasi, Media Negara Ini Ketar-ketir

Mengenai siapa yang bakal mengawal gawang Timnas Indonesia, Ernando Ari agaknya masih jadi pilihan utama Shin Tae-yong. Selama ini Nando telah menjadi kiper kepercayaan Shin, dan nyaris selalu dimainkan jika tidak cedera. Nando juga menjadi kiper andalan ketika laga kualifikasi di babak sebelumnya, serta saat timnas tampil di Piala Asia 2024.

Namun demikian dari total penampilan, Nadeo sejatinya masih tercatat sebagai kiper yang paling banyak diturunkan oleh Shin Tae-yong. Nadeo tampil hingga 24 laga, berbanding Nando yang baru 13 laga. Statistik tersebut hanya untuk level timnas senior, alias tidak menghitung penampilan di kelompok umur.

Jika ditambah dengan laga kelompok umur, tepatnya kategori U23. Ernando punya caps lebih banyak katimbang Nadeo di era kepelatihan STY. Ernando bermain 20 kali di Timnas U23 atau total 33 pertandingan timnas.

BACA JUGA:Jelang Piala AFF 2024, Ini 5 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Berpotensi Tampil

Demikianlah ulasan informasi, alasan pemain naturalisasi timnas Indonesia Maarten Paes absen saat lawan Arab Saudi di kualifikasi piala dunia 2026.

 

(Novan)

 

Kategori :