Jadwal Lengkap Gerhana Matahari Total dan Sebagian di Indonesia

Kamis 20-04-2023,08:40 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Akhir Sebagian: 15.19 WIT

 

Cara Melihat Gerhana Matahari dan Link Streaming

Gerhana Matahari hibrida adalah fenomena alam yang menakjubkan dan langka. Namun, melihat gerhana Matahari dengan cara yang salah dapat berbahaya dan merusak mata kamu.

 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara yang aman untuk melihat gerhana matahari. Berikut adalah beberapa cara untuk melihat gerhana matahari yang aman:

1. Gunakan kacamata khusus gerhana matahari: Kacamata ini dirancang khusus untuk melindungi mata saat melihat gerhana matahari. Pastikan kacamata ini memiliki sertifikat ISO yang tepat dan bukan hanya kacamata biasa. Kacamata ini hanya dapat digunakan selama gerhana total, jangan gunakan untuk melihat gerhana sebagian.

2. Gunakan alat pemantau gerhana Matahari: Kamu dapat menggunakan alat pemantau gerhana Matahari, seperti teleskop atau binokular, untuk melihat gerhana Matahari dengan aman. Pastikan kamu menggunakan alat ini dengan benar dan tidak melihat matahari secara langsung melalui alat ini.

3. Gunakan filter matahari: kamu dapat menggunakan filter Matahari yang dirancang khusus untuk melindungi mata saat melihat gerhana Matahari. Pastikan filter ini cukup kuat untuk mencegah cahaya matahari yang berbahaya masuk ke mata.

4. Gunakan proyektor: Kamu dapat menggunakan proyektor untuk memproyeksikan gambar gerhana Matahari ke permukaan datar, seperti lembaran kertas putih atau layar proyektor. Dengan cara ini, kamu dapat melihat gerhana Matahari tanpa melihat langsung ke matahari.

5. Gunakan aplikasi pengamatan gerhana matahari: Kamu dapat menggunakan aplikasi pengamatan gerhana Matahari untuk melihat gerhana matahari secara virtual dengan aman dari smartphone atau tablet. Aplikasi ini dapat memberikan pengalaman pengamatan gerhana matahari yang hampir sama dengan pengalaman pengamatan langsung.

6. Streaming: Sejumlah lembaga akan menyiarkan prosesi gerhana Matahari. Berikut beberapa linknya: BMKG, Bosscha, Time And Date

 

 

Tim liputan

Kategori :