Jangan Ketipu, Begini Cara Mudah Cek Ijazah Asli atau Palsu Via Online, Silakan Dicoba

Senin 09-09-2024,15:50 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

2. Nama Penerima Ijazah

Nama penerima ijazah harus tertulis dengan jelas dan akurat. Perhatikan penulisan nama, termasuk ejaan dan urutan nama, agar sesuai dengan data yang sah.

BACA JUGA:Ini Kata Polisi Tentang Video Aksi perampokan dan Pembunuhan Terhadap Karyawati Sebuah Toko Ritel yang Viral

3. Tanggal dan Tanda Tangan

Ijazah asli biasanya mencantumkan tanggal penerbitan dan tanda tangan pejabat berwenang dari lembaga pendidikan. Pastikan tanggal dan tanda tangan tersebut terlihat jelas.

4. Nomor Ijazah dan Nomor Seri

Setiap ijazah memiliki nomor identifikasi unik, yaitu nomor ijazah dan nomor seri ijazah. Pastikan nomor-nomor tersebut tercantum dengan jelas dan sesuai dengan data yang benar.

5. Tampak dan Sentuhan Kertas

Kualitas kertas pada ijazah asli umumnya berkualitas tinggi dan terasa kokoh. Pada sentuhan, kertas tersebut biasanya terasa berat dan tidak mudah robek.

BACA JUGA:Kondisi Lagi Genting, Para Preman Ini Malah Hadang Petugas Damkar yang Menuju Lokasi Kebakaran

6. Tinta yang Digunakan

Teknik pencetakan yang digunakan pada ijazah asli biasanya berkualitas tinggi dan menggunakan tinta yang tahan lama. Tanda tangan dan teks harus tercetak dengan jelas, tidak kabur, dan tidak mudah terhapus.

7. Stempel dan Materai

Beberapa ijazah asli memiliki stempel atau materai yang menunjukkan keabsahan dokumen. Pastikan stempel dan materai tersebut terlihat jelas dan tidak tampak dipalsukan.

8. Latar Belakang atau Desain Ijazah

Ijazah asli sering memiliki latar belakang atau desain tertentu yang khas, seperti gambar atau simbol-simbol resmi lembaga pendidikan. Perhatikan dengan cermat elemen-elemen desain ini.

Kategori :