Racun Tersembunyi! Ini Bahaya Telur Ikan Aligator Gar Bagi Kesehatan Manusia

Rabu 11-09-2024,12:32 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Ikan aligator gar adalah spesies ikan terbesar dari tujuh spesies ikan gar yang ada. Megafish ini memiliki tubuh yang berbentuk torpedo dengan panjang yang bisa mencapai hingga 3 meter dan berat hampir 140 kilogram.

Warna tubuhnya cokelat zaitun dengan sisik berkilau yang memberikan perlindungan dan kekuatan tambahan. 

Karakteristik ini membuat ikan aligator gar menjadi salah satu spesies ikan terbesar yang hidup di air tawar di Amerika Utara.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Bulog September 2024 untuk Lulusan SMA dan SMK, Cek Kualifikasi serta Cara Daftarnya

Selain ukuran dan penampilannya yang mengesankan, ikan aligator gar juga memiliki beberapa adaptasi unik yang mendukung kelangsungan hidupnya.

Salah satu fitur paling menonjol adalah gigi tajamnya yang menyerupai gigi buaya, yang digunakan untuk menangkap mangsa.

Ikan ini adalah predator yang sangat efisien, dengan teknik berburu yang melibatkan menunggu beberapa meter di bawah permukaan air sebelum menyerang dengan gerakan cepat.

Habitat dan Penyebaran

Spesies ikan aligator gar pertama kali muncul sekitar 157 juta tahun yang lalu. Namun, saat ini, ikan ini hanya dapat ditemukan di bagian tertentu dari Amerika Utara dan Tengah. 

BACA JUGA:Tak Sengaja Terekam, Momen Terakhir Gadis Penjual Gorengan Sebelum Hilang dan Ditemukan Tewas Terkubur

Populasi ikan aligator gar dapat ditemukan di bagian bawah Lembah Sungai Mississippi, dari Oklahoma di barat, Arkansas di utara, Texas, dan sebagian Meksiko di selatan, serta Florida di timur. Mereka lebih suka hidup di lingkungan yang beragam, termasuk sungai besar, rawa, dan danau.

Ikan aligator gar juga dapat bertahan hidup di berbagai kondisi salinitas, termasuk air payau dan bahkan air asin. Namun, meskipun mereka mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan, mereka lebih sering ditemukan di habitat air tawar. 

Kemampuan adaptasi ini adalah salah satu alasan mengapa ikan aligator gar dapat bertahan hidup di berbagai jenis perairan.

BACA JUGA:Loker Bio Farma September 2024, Lulusan D3 hingga S2 Bisa Daftar, Cek Deskripsi Pekerjaannya

Pertahanan dan Bahaya bagi Manusia

Meskipun ikan aligator gar mungkin terlihat ganas dengan gigi tajamnya, mereka tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap manusia. 

Kategori :