Daftar 134 Jenis Hewan yang Dilarang Dipelihara di Indonesia

Kamis 12-09-2024,16:05 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berkaca dari Kasus Nyoman Sukena, selain landak ini daftar 134 jenis hewan yang dilarang dipelihara di Indonesia.

Tidak semua hewan boleh dipelihara. Ada beberapa jenis hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang langka dan hampir punah. 

Memelihara hewan yang dilindungi adalah tindakan melanggar hukum dan dapat dikenakan sanksi pidana.

Selain itu, memelihara hewan-hewan langka ini berarti sama halnya dengan mendukung perdagangan satwa liar yang merugikan populasi mereka di alam liar.

BACA JUGA:Kakek Piyono Dipenjara Akibat Pelihara Ikan Aligator Gar, Saya Ini Orang Bodoh, Kenapa Tidak Ada Sosialisasi

Berbicara hewan yang dilarang pelihara di Indonesia, baru-baru ini netizen di media sosial digemparkan dengan kabar seorang warga Badung, Bali bernama Nyoman Sukena yang terancam lima tahun penjara karena memelihara empat ekor landak Jawat langka di rumahnya sendiri.

Dikutip dari CNN Indonesia, Nyoman Sukena dengan didakwa melanggar Pasal 21 ayat 2 Pasal 40 ayat 2 UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (KSDA-HE).

Sukena meminta penangguhan penahanan di persidangan karena ia tidak tahu dan paham bila hewan yang ia pelihara termasuk golongan hewan langka dan dilindungi.

BACA JUGA:Makin Ganas, Honda Siapkan Motor Sport Mesin 4 Silinder, Pesaing Kawasaki Ninja ZX-4RR

Berdasar fakta persidangan, landak tersebut awalnya milik mertua Sukena. Landak tersebut ditangkap karena merusak tanaman. Namun, Sukena yang memelihara empat landak itu tidak mengetahui bahwa hewan tersebut dilindungi.

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham hewan-hewan apa saja yang dilindungi dan tidak boleh dipelihara. 

BACA JUGA:Anak Kembar Ini Alami Trauma Berat Akibat Ulah Tiktokers, KPAI dan Orang Tua Lapor ke Polisi

Selain landak jawa, berikut ini daftar hewan langka di Indonesia yang dilindungi dan tidak boleh dipelihara!

Daftar Hewan Dilindungi yang Dilarang Dipelihara di Indonesia 

Berikut daftar lengkap hewan yang dilindungi dan tidak boleh dipelihara, dikutip dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan:

Kategori :