10 Amalan Sunnah Hari Maulid Nabi yang Diperingati Tanggal 16 September 2024

Sabtu 14-09-2024,14:31 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 10 amalan sunnah hari Maulid Nabi yang diperingati tanggal 16 September 2024.

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal.

Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah akan diperingati pada tanggal 16 September 2024. Tanggal yang bertepatan pada hari Senin ini ditetapkan sebagai tanggal merah untuk hari libur nasional dalam rangka peringatan keagamaan.

Banyak umat Islam yang melakukan amalan-amalan sunah sebagai bentuk penghormatan dan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Kisah Aminah, Ibunda Nabi Muhammad SAW yang Wafat Kala Perjalanan Pulang dari Yatsrib

Berikut beberapa amalan sunah yang umum dilakukan di hari Maulid Nabi.

1. Sholat dan Berdoa

Umat Islam dianjurkan melakukan sholat sunah atau sholat tahiyatul masjid di masjid sebagai bentuk ibadah dan berdoa untuk keberkahan.

2. Membaca dan Mempelajari Maulid

Bacaan Maulid adalah naskah yang menceritakan tentang kehidupan Nabi Muhammad. Banyak umat Islam membacanya di keluarga atau dalam majelis keagamaan. Mempelajari Maulid dapat memperkaya pengetahuan serta wawasan tentang Nabi Muhammad.

BACA JUGA:Kiamat Semakin Dekat, Inilah 5 Tanda-tanda Menurut Rasulullah yang Mulai Bermunculan di Dunia

3. Memberi Sedekah

Memberikan sedekah kepada yang membutuhkan merupakan bentuk amal kebaikan dan berbagi rezeki dengan sesama. Surat Al Baqarah ayat 254 mengatakan sedekah merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an Surat Al Baqarah ayat 254 Allah SWT berfirman:

ـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim." (QS Al Baqarah 2 ayat 254).

Kategori :