Program Gubernur Rohidin, 100 Orang Perangkat Desa Angkatan ke-2 Kuliah Perdana di Universitas Terbuka

Sabtu 14-09-2024,20:10 WIB
Reporter : Dian Maya Erika
Editor : Agus Faizar

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Program Gubernur Rohidin Mersyah, 100 orang perangkat desa angkatan ke-2 kuliah perdana di Universitas Terbuka Bengkulu.

Sebanyak 100 orang Kepala Desa (Kades) lolos seleksi penerimaan beasiswa perangkat desa angkatan ke- 2.

BACA JUGA:Pensiunan Butuh Bantuan Dana? Ini Cara Pengajuan dan Syarat Kredit Mantap Pensiun

Berlokasi di Rafflesia Hotel, Sabtu (14/9) pagi digelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) yang diikuti oleh 869 orang mahasiswa Universitas Terbuka.

Dari 869 orang mahasiswa baru ini, 100 orang adalah perangkat desa yang telah lolos seleksi mendapatkan beasiswa. 

BACA JUGA:Kajati Bengkulu dan Ketua PWI Provinsi Bengkulu Nobar Pertandingan Final Turnamen Mini Soccer Kajati Cup 2024

Program beasiswa bagi aparatur desa ini sudah dimulai sejak 2023 lalu dan menjadi program prioritas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Pada angkatan pertama tahun lalu sudah ada 100 perangkat desa yang mendapat beasiswa dan saat ini telah menempuh pendidikan semester 3. 

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan , metode pembelajaran ini merupakan hasil kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT). 

Program ini memuat konsep Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan total 95 satuan kredit semester (SKS) yang akan dijalani selama 5 semester. 

BACA JUGA:Cara Pengajuan Kredit Usaha Mikro Bank Mandiri, Pinjaman Rp 100 Juta Cair Cepat, Asalkan Penuhi Syarat Ini

Sistem pembelajaran melalui online tanpa tatap muka ini memudahkan para aparatur pemerintah desa untuk tetap bisa melaksanakan pekerjaannya. 

"Jadi saya pikir ini hal yang baik ya, karena untuk sistem pembelajarannya pun menggunakan konsep RPL, masa perkuliahan hanya 2,5 tahun. Saya berharap betul program ini betul-betul dimanfaatkan, agar para Pemdes ini mampu membuat tata kelola desa yang baik," ujar Rohidin Mersyah (14/9). 

Kategori :