Segini Plafon Minimal dan Maksimal Pinjaman KUR Pegadaian September 2024, Lengkap dengan Tabel Angsuran

Minggu 15-09-2024,14:53 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Anda tidak perlu bingung tentang apa saja syarat pengajuan pinjaman KUR. Syarat pengajuan nya cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Anda cukup datang ke penyedia layanan Kredit Usaha Rakyat terdekat. Bawalah fotokopi KTP, KK, serta NPWP. 

Selain itu, Anda juga wajib memiliki dan membawa Surat Keterangan Usaha (asli), pas foto 4×6, dan fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah).

Untuk pinjaman KUR dengan nominal diatas Rp 50 juta, Anda harus menyertakan fotokopi jaminan atau agunan untuk memenuhi persyaratan pengajuan pinjaman. 

Contohnya seperti BPKB Mobil, SHM, dan SHGB. Apabila persyaratan yang ditentukan sudah Anda penuhi, maka usaha yang Anda miliki akan disurvei terlebih dahulu. 

Jika lolos survey, maka pencairan dana akan dilakukan. Proses pengajuan pinjaman bisa beragam. Bisa hanya sekitar 1 - 2 hari, tetapi bisa juga mencapai 1 - 2 bulan. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, selama persyaratan pinjaman KUR telah dipenuhi, Anda hanya perlu sabar menunggu pencairan dananya.

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Periode September 2024, Pinjaman Rp 5-50 Juta dengan Tenor 5 Tahun

5. Pinjaman KUR Dapat Diajukan Tanpa Jaminan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk mengajukan pinjaman KUR kita perlu menyediakan jaminan. Tetapi, ada beberapa jenis KUR yang tidak memerlukan jaminan harta benda. 

Contohnya seperti KUR Mikro, Super Mikro dan Kecil. Jenis KUR tersebut bisa diajukan dengan memberikan fotokopi dokumen penting, yaitu KTP, KK, dan Surat Keterangan Usaha. 

Saat sebelum ada program KUR, mengajukan pinjaman tanpa jaminan merupakan hal yang hampir tidak mungkin. 

Kecuali jika Anda datang kepada rentenir atau bank keliling (bank titil). Ketika menggunakan layanan pinjaman di koperasi atau bank, paling tidak, kita harus membawa barang berharga yang dapat dijaminkan, seperti emas, barang elektronik, maupun surat-surat berharga.

BACA JUGA:Cairkan Modal Usaha Melalui KUR BCA 2024, Ini Tabel Angsuran Pinjaman Rp 5-50 Juta, Penuhi Persyaratannya

Itulah informasi nominal yang bisa diajukan untuk pinjaman KUR Pegadaian September 2024.

(Putri Nurhidayati)

Kategori :