Mengenal Sejarah dan Hikmah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Senin 16-09-2024,09:18 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:7 Rekomendasi Hp Spek Dewa Harga Cuma Rp 2 Jutaan, Ada Tecno POVA 6

Meskipun perayaan ini tidak dilakukan pada zaman Nabi, hal tersebut tidak serta-merta membuatnya tergolong sebagai bid'ah.

Perlu dipahami bahwa peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tidak berkaitan dengan ibadah ritual, melainkan termasuk dalam aspek muamalah (hubungan sosial).

Peringatan ini lebih merupakan bentuk ekspresi kecintaan dan penghormatan kepada Nabi, serta tidak melanggar ketentuan syariat. Berikut adalah beberapa dalil yang mendukung diperbolehkannya perayaan maulid Nabi:

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mengajak umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat, yang merupakan amalan yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT. Dalam surah Al-Ahzab ayat 56, Allah SWT berfirman:



إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat atas Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya."

BACA JUGA:KBRI Buka Loker di Den Haag! Ini Persyaratan dan Cara Pendaftarannya

Rasulullah SAW menunjukkan rasa syukurnya atas kelahirannya dengan cara berpuasa setiap hari Senin, yaitu hari di mana beliau dilahirkan.

"Dari Abi Qotadah al-Anshori RA sesungguhnya Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa hari Senin." Rasulullah SAW menjawab: "Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku." (HR Muslim)

Peringatan maulid Nabi sejalan dengan anjuran dalam hadits Nabi yang mendorong umatnya untuk menciptakan hal-hal baru yang baik, selama tidak bertentangan dengan syariat Islam. Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang memulai (merintis) dalam Islam sebuah perkara baik maka ia akan mendapatkan pahala dari perbuatan baiknya tersebut, dan ia juga mendapatkan pahala dari orang yang mengikuti setelahnya, tanpa berkurang pahala mereka sedikit pun." (HR Muslim).

Itulah Sejarah perayaan hari Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai hari peringatan kelahiran nabi Muhammad SAW.

Putri Nurhidayati

Kategori :